SOLOPOS.COM - Capres no urut 03 Ganjar Pranowo dalam debat kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Minggu (4/2/2024). (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku bingung mendengar kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, untuk jembatani pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Dia merasa ada baiknya apabila Jokowi dan Megawati bertemu. Meski demikian, menurut Ganjar, pertemuan tersebut seharusnya bisa dilakukan tanpa ada perantara.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Saya belum tahu apa problem sebenarnya, karena biasanya Pak Jokowi dengan Bu Mega bisa komunikasi langsung, tidak perlu [perantara] yang lain,” ujar Ganjar di Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, Selasa (13/2/2024).

Oleh sebab itu, dia merasa ada sesuatu yang tidak baik antara Jokowi dengan Megawati karena Sultan HB X sampai ikut turun tangan. Bagaimanapun juga, Sultan Jogja itu merupakan tokoh yang dihormati setiap pihak.

“Sultan sebagai tokoh senior, sesepuh, membantu, saya kira ada baiknya. Tapi saya belum tahu sih apa agendanya,” tutup Ganjar.

Sebelumnya, muncul isu Jokowi melakukan pertemuan tertutup dengan Sri Sultan HB X di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Saat itu, Jokowo meminta agar Sri Sultan membantu pertemukan dirinya dengan Megawati. Ketika dimintai konfirmasi, Sultan HB X membenarkan isu tersebut.

“Betul, tapi saya kan menunggu presiden. Kan saya akan menjembatani terserah presiden, begitu saja. Ya menunggu, kalau memang presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau enggak, ya enggak apa-apa,” kata Sultan seperti dikutip dari Harian Jogja, Senin (12/2/2024).

Sultan HB X mengungkapkan bahwa dalam pembicaraan itu Jokowi hanya meminta tolong. Namun inisiatif untuk bertemu dengan Megawati tetap menjadi hak pribadi dan kewenangan dari Jokowi.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ganjar Heran Lihat Jokowi Minta Bantuan Sultan HB X Untuk Temui Megawati”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya