SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil berjoget Any Song Challenge. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, JAKARTA — Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo bisa kalah suara apabila melawan Anies Baswedan yang dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Khofifah Indar Parawansa. 

Awalnya, dalam survei itu ditanyakan pertanyaan umum ke responden yang menjadi variabel kontrol: kalau Anies berhadapan dengan Ganjar, pilihannya siapa?

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Hasilnya, Anies memperoleh 32 persen suara sedangkan Ganjar memperoleh 51 persen. Sisa 17 persen belum menentukan pilihan.

Lalu, dilakukan eksperimen siapa calon wakil presiden (cawapres) yang kiranya dapat menaikkan elektabilitas Anies sehingga dapat mengalahkan Ganjar. 

Ada tujuh nama cawapres yang diberikan, yaitu Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan (Aher), Andika Perkasa, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, dan Prabowo Subianto.

Hasilnya, jika Anies berdampingan dengan Airlangga maka mereka memperoleh 35 persen, sedangkan Ganjar 47 persen. 

Jika Anies dengan AHY maka mereka memperoleh 47 persen suara, sedangkan Ganjar 42 persen. Ketika Anies berpasangan dengan Aher maka suaranya jadi 25 persen, sedangkan Ganjar 57 persen.

Lalu, jika Anies dengan Andika maka suaranya 38 persen, sedangkan Ganjar 47 persen. Kemudian jika Anies berpasangan dengan Khofifah maka suaranya jadi 46 persen, sedangkan Ganjar 33 persen. 

Lalu, Anies berpasangan dengan Mahfud maka suaranya jadi 35 persen, sedangkan Ganjar 52 persen. Terakhir, jika Anies didampingi oleh Prabowo maka suaranya jadi 35 persen, sedangkan Ganjar memperoleh 52 persen. 

Artinya, dari tujuh nama tokoh itu ternyata hanya dua yang bisa membantu Anies untuk mengalahkan elektabilitas Ganjar yaitu AHY dan Khofifah. 

“Jika Khofifah dipasangkan dengan Anies, punya probabilitas secara signifikan untuk menaikkan suara Anies. Demikian pula AHY, jika dipasangkan dengan Anies, suara Anies punya peluang untuk naik secara signifikan,” jelas Pendiri SMRC Saiful Mujani seperti yang disiarkan kanal YouTube SMRC TV, Kamis (6/4/2023), melansir dari Bisnis.com.

Survei SMRC ini diselenggarakan pada 2-11 Maret 2023 dengan jumlah sampel 1220 yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified multistage random sampling, dengan margin eror kurang lebih 3,1 persen.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jika Dipasangkan dengan AHY atau Khofifah, Anies Bisa Menang Lawan Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya