SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, PALEMBANG–Sebanyak 9 penerbangan beberapa maskapai dari dan menuju Palembang tertunda akibat kabut yang menyelimuti Kota Palembang.

Kepala Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Eko Diantoro mengatakan penerbangan maskapai Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air terpaksa ditunda karena jarak pandang terganggu kabut pada Senin (10/2/2014) pagi.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Ya memang ada penundaan penerbangan baik dari keberangkatan maupun kedatangan karena masalah cuaca,”katanya, Senin.

Dari keterangan petugas Bandara SMB II, penundaan penerbangan terjadi pada penerbangan perdana sekitar pukul 5.40 WIB hingga penerbangan pukul 11.00 WIB. Adapun rincian penerbangan yang tertunda, meliputi Garuda Indonesia sebanyak 4 penerbangan, Lion Air 4 penerbangan dan Sriwijaya Air 1 penerbangan.

Berdasarkan pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), kabut telah menyelimuti Kota Palembang sejak Minggu (9/2) malam. Pemerintah sendiri memastikan kabut itu bukanlah asap hasil pembakaran hutan karena titik api (hot spot) masih kosong.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengendalian (UPTD) Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Sumsel, Ahmad Taufik, mengatakan pihaknya telah memantau kondisi kabut tersebut.

“Tidak ada hot spot, kabut ini merupakan embun hasil hujan karena masih bulan ini masih musim hujan,”katanya.

Menurut dia, secara riwayat cuaca, kabut asap biasanya mulai terjadi sekitar Bulan Juni karena sudah masuk musim kemarau

Oleh karena itu, lanjut Taufik, saat ini pihaknya baru melakukan antisipasi untuk menangani kabut asap, seperti menyediaka peralatan dan kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya