SOLOPOS.COM - UMKM ikut dilibatkan dalam acara Purna Studi FTI UKSW yang diselenggarakan di Kampus FTI UKSW di Blotongan.

Solopos.com, SALATIGA – Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dalam inovasi teknologinya, terus melakukan pendampingan kepada penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Salatiga.

Pendampingan dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti pelatihan digital branding, marketplace dan juga transaksi fintech. Hal itu sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Program Studi Doktor Ilmu Komputer (DIK) FTI UKSW, Dr. Irwan Sembiring, ST., M.Kom., dalam wawancara secara online, baru-baru ini. Tidak hanya melakukan pendampingan, UMKM tersebut juga dilibatkan secara langsung dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan FTI UKSW. Terbaru, dalam acara Purna Studi FTI UKSW beberapa UMKM yang didampingi fakultas dilibatkan untuk menyuguhkan hasil produknya.

Irwan menjelaskan sebagai program studi penyelenggara acara Purna Studi, DIK melibatkan lima UMKM dalam acara itu belum lama ini. UMKM yang kebanyakan menyajikan snack, cenderamata dan oleh-oleh khas Salatiga ini mendapatkan perhatian dari peserta Purna Studi, yaitu dari orang tua dan wali mahasiswa lulusan FTI UKSW yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“UMKM ini kita undang untuk mempromosikan produk-produk khas Kota Salatiga kepada seluruh orang tua dan juga tamu undangan yang berasal dari seluruh Indonesia. Event fakultas seperti ini juga melibatkan UMKM sebagai sarana promosi,” ungkap Dr. Iwan Sembiring.

FTI UKSW Komitmen Dampingi UMKM Salatiga
Mahasiswa berprestasi FTI yang lulus berfoto bersama dengan pimpinan fakultas dalam acara Purna Studi FTI UKSW.

Lebih lanjut ia mengatakan pendampingan dalam hal teknologi informasi yang dilakukan secara berkelanjutan pada UMKM ini sangat diperlukan. Khususnya dalam pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan produk-produk UMKM.

Digital marketing strategy menjadi bagian utama FTI UKSW dalam melakukan karya dan pengabdiannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Dalam acara Purna Studi yang diselenggarakan di Auditorium Ds. S. Djojodihardjo belum lama ini, FTI UKSW melepas 122 lulusan yang terdiri dari 112 orang dari Strata 1, sembilan orang dari Strata 2, dan satu orang dari Strata 3. Wisuda ini juga menjadi hal yang bersejarah karena meluluskan lulusan pertama Program Studi Doktor Ilmu Komputer, yaitu Dr. Ferry Wahyu Wibowo, dengan IPK 4.00.

Rekomendasi
Berita Lainnya