SOLOPOS.COM - Organisasi Pelajar Boarding School(OPBS) MAN 1 Solo mengadakan kegiatan Crescenta (Competition and Creation of Science and Technology for Modern Science Application), Sabtu (9/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Organisasi Pelajar Boarding School (OPBS) MAN 1 Solo mengadakan kegiatan Crescenta (Competition and Creation of Science and Technology for Modern Science Application) ke-11 dengan tema Science Technology as a Game to Improve the Quality of Human Resources, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan ini mewadahi peserta untuk menunjukkan prestasi dalam upaya memajukan bangsa. Crescenta menyediakan ruang untuk menuangkan dan mengasah daya kreatif siswa SMP/MTs atau sederajat dalam mengambil peran dalam menyelesaikan berbagai isu yang berkembang.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Crescenta dapat memberikan panggung dan memberikan ruang kepada calon teknikal muda untuk bisa berkreasi sekaligus berkompetisi di bidang sains teknologi dan termasuk terapannya. Kami juga memberikan penguatan karakter seperti komunikasi, kolaborasi, critical thinking, dan kreativitas,” ujar selaku Kepala MAN 1 Solo, Dr. H. Slamet Budiyono, M.Pd, dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Kantor Kementerian Agama Kota Solo menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kreasi anak-anak MAN 1 Solo cukup membahagiakan bagi kami dan saya sangat mendukung kegiatan ini. Pesertanya juga luar biasa, 52 sekolah berpartisipasi dengan jumlah 377 peserta dari 3 provinsi yang menunjukkan bahwa Crescenta dari tahun ke tahun ada peningkatan,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solo, Dr. H. Hidayat Maskur, S.Ag, M.S.I.

Kegiatan itu disebut berlangsung lancar dan sukses. Pendamping peserta lomba banyak yang terkesan dengan kegiatan Crescenta tahun ini.

“Sangat menakjubkan bagi saya sebagai pendamping ataupun ibu guru melihat acara ini. Acara begitu dikoordinir dengan baik dan panitianya begitu luar biasa mengadakan lomba, meskipun sekolah saya baru mengikuti perlombaan pada tahun ini,” ujar endamping peserta dari SMP Regina Pacis Solo, Yohana.

Disebutkan, peserta Crescenta 2023 sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum perlombaan namun ada juga yeng mengalami hambatan saat persiapan. Hal itu salah satunya dirasakan peserta lomba perakitan robot.

Setelah para peserta mengikuti rangkaian perlombaan panitia menetapkan 3 juara sebagai pemenang dari setiap cabang lomba dan juara umum. Juara umum pada Crescenta 2023 ini diraih oleh SMPN 1 Jetis Ponorogo.

“Crescenta itu amazing banget karena di sini kami bisa mengembangkan diri lebih jauh lagi, punya teman baru dan relasi yang baru juga. Crescenta tahun ini seru banget dan rundown acaranya tuh wow banget, nggak ada yang gagal,” ujar salah satu siswi SMPN 1 Jetis Ponorogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya