SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Galau Memilih KTA Konvensional Atau Online, Yuk Bandingkan !

Dewasa ini kebutuhan akan keamanan finansial tentu menjadi perhatian kita semua. Ya sangat manusiawi kalau setiap orang menginginkan kehidupan yang nyaman, hukum alamnya seperti itu. Ketika sedikit saja ada yang mengganggu rasa aman, pasti kita semua langsung merasa terancam.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Nah, sebelum Anda merasa terancam, ada baiknya sedia payung sebelum hujan. Salah satunya dengan cara meminjam dana untuk keperluan pengembangan sayap bisnis kecil-kecilan atau yang bahkan baru memulai bisnis. Siapa takut ? Saat ini, banyak lembaga jasa keuangan yang menyediakan penawaran peminjaman dana umumnya yang dengan jaminan BPKB Mobil dan motor atau sering disebut Gadai BPKB Mobil atau Gadai BPKB Motor, ada yang tanpa jaminan.  Rentenir menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan bunga tinggi.  Walah, itu sih bayangan kebanyakan orang karena tak teliti memilih harus meminjam dana pada lembaga yang tepat.

Kalau Anda tak mau terjebak masalah dengan rentenir, teliti dulu sebelum meminjam. Tak usah kuatir! Ada banyak lembaga keuangan terpecaya di sekitar kita. Yang paling terpercaya memang sejenis bank yang memang khusus diperuntukkan untuk berinovasi dalam produk dan jasa keuangan untuk melayani masyarakat. Nah, pinjaman tanpa jaminan konvensional biasanya disediakan oleh bank. Supaya lebih kenal lagi, Anda bisa mengamati cirinya :

1)    Biasanya bisa berplafon hingga Rp. 200 juta

2)    Bunga relatif rendah, hanya 0,99 – 2 %

3)    Masa pelunasan pinjaman hingga 3 tahun

4)    Disertai pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga tak perlu takut bila terjadi sesuatu yang tidak dinginkan di kemudian hari

Selain ciri yang bersifat kelebihan di atas, Anda pun perlu mempelajari beberapa kekurangan dari KTA konvensional ini, seperti :

1)    Memerlukan waktu verifikasi data sampai akhirnya aplikasi diterima cukup lama, berkisar antara 1-2 minggu

2)    Anda harus berada pada kisaran gaji Rp. 3 juta per bulan atau diakumulasi menjadi Rp. 36 juta per tahun

3)    Selain data-data dasar seperti KTP, Anda juga harus mengumpulkan data lain seperti NPWP, slip gaji, dan sebagainya

4)    Biasanya diperlukan syarat memiliki kartu kredit minimal 1 tahun

5)    Terdapat denda keterlambatan, selain juga ada biaya administrasi

6)    Track record atau jejak rekam kredit di Bank Indonesia harus bagus, jika terdapat jejak rekam yang tidak terlalu bagus, siap-siap untuk aplikasi Anda ditolak

7)    Tidak memiliki asuransi

8)    Bila pelunasan dibayar lebih cepat, terdapat penalti

Sekarang, setelah kita tahu tentang kelebihan dan kekurangan dari KTA konvensional, sekarang kita bisa melihat lebih jauh tentang KTA online yang saat ini sedang marak. Siapa tahu ini bisa menjadi alternatif, terutama buat Anda yang tak memerlukan plafon dana yang besar, juga tak punya cukup waktu untuk mengurusi ini itu.

Beberapa bank lokal seperti Bank BNI dan bank asing seperti  Bank CTBC saat ini juga sudah memiliki KTA online, selain banyak lembaga keuangan mandiri lainnya. Tak ada salahnya kita menyimak beberapa keuntungan KTA atau pinjaman dana online sebagai referensi untuk membandingkan dengan yang konvensional. Diantaranya :

1)    Memerlukan waktu verifikasi data sampai aplikasi disetujui yang sangat cepat, biasanya kurang dari 1 minggu

2)    Hanya diperlukan data-data dasar seperti KTP, slip gaji, foto pribadi, dan mengisi formulir online yang tersedia

3)    Tidak memerlukan kartu kredit

4)    Anda disyaratkan memiliki gaji minimal UMR, biasanya berbeda-beda untuk tiap wilayah yang sudah ditentukan

5)    Tidak ada penalti jika membayar pelunasan lebih cepat



6)    Bunga atau biaya administrasi yang harus Anda bayar tergantung pada jangka waktu pelunasan. Bila makin cepat, berarti bunga atau biaya administrasinya makin kecil

7)    Jangka waktu peminjaman bisa diatur antara 6 bulan hingga 1 tahun

8)    Sama-sama diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mem-back up Anda

Sekarang coba kita telusuri apa saja yang menjadi kekurangan KTA atau

pinjaman dana online ini, diantaranya :

1)    Biasanya berplafon hingga maksimal Rp. 10 juta

2)    Mayoritas masih membuka kesempatan untuk calon nasabah yang berdomisili di Pulau Jawa

3)    Terdapat biaya keterlambatan per hari

4)    Tidak include asuransi

Seperti halnya penciptaan manusia, semuanya tak ada yang sempurna, selalu ada sisi kelebihan dan kekurangan. Tinggal bagaimana Anda bisa memaksimalkan kelebihan yang ada untuk disesuaikan dengan pemenuhan kebutuhan yang Anda inginkan. Jangan sampai karena memenuhi kebutuhan sesaat dan tergiur kemudahannya, Anda malah terjebak pilihan Anda sendiri. Selamat memilah dan memilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya