SOLOPOS.COM - Mensos Tri Rismaharini melelang nasi goreng dalam menutup kegiatan HUT Ke-76 RI (Okezone/Jonathan Nalom)

Solopos.com, JAKARTA-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menggalang dana untuk amal dan kegiatan dengan melelang nasi goreng. Risma melelang nasi goreng bikinannya saat menutup kegiatan HUT ke-76 RI.

“Hasil lelang pertama sebesar Rp5 juta dimenangkan oleh Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial; Lelang kedua Rp6 juta dimenangkan oleh Ditjen Rehabilitasi Sosial; serta lelang ketiga Rp5.150.000 dimenangkan oleh Ditjen Pemberdayaan Sosial,” ujar Risma dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Risma mengajak seluruh elemen bangsa untuk tetap optimis dan berdamai dengan pandemi Covid-19. Hal tersebut sekaligus selalu menyiapkan diri untuk penanggulangan bencana di seluruh nusantara.

Baca Juga: Lewat Vaksinasi, Persis Solo Jadi Penolong Suporter hingga Kaum Buruh

“Kita harus ‘berdamai’ dengan pandemi dan optimis serta tetap beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan karena tidak ada yang tahu sampai kapan pandemi Covid-19 berakhir di seluruh dunia, tidak hanya di Tanah Air,” tambahnya.

Risma mengatakan Kementerian Sosial di awal tahun biasanya menyiapkan program-program untuk penanganan mengatasi berbagai bencana. Namun meskipun saat ini diubah untuk penanganan pandemi, pihaknya tetap merespons permasalahan sosial.

“Untuk merespons permasalahan sosial, terkadang personel kami ada yang harus menempuh perjalanan 3-5 hari dan itu merupakan sebuah pengabdian luar biasa sebagai bagian dari implementasi spirit kemerdekaan di tahun kedua pandemi, ” paparnya.

Baca Juga: Tingkatkan Angka Kesembuhan, Pemkot Madiun Pindahkan Warga Isoman ke Isoter

 

Responsif

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Surabaya itu juga memastikan balai-balai milik Kemensos memberikan respons terhadap masalah sosial. Hal ini termasuk menjangkau masyarakat di berbagai penjuru negeri yang membutuhkan bantuan sebagai wujud negara hadir meskipun ada keterbatasan fasilitas.

“Di HUT ke-76 Kemerdekaan RI kami menyemangati peran balai-balai milik Kemensos yang telah merespons masalah sosial dan tetap semangat melayani masyarakat, seperti di Indonesia Timur yang menangani masalah kejiwaan dengan memetakan masalah lalu menyiapkan psikolog dan dokter jiwa,” tegasnya.

Risma menambahkan seluruh jajaran dan elemen pemerintah untuk tetap siaga dan terus produktif. Nantinya hal ini akan diarahkan untuk upaya pencegahan, misalnya dengan memberdayakan penerima manfaat yang ada dalam maupun di luar balai.

Baca Juga: Pelonggaran PPKM: 1 Juta Orang Ingin Masuk Mal, 619 Ditolak

“Semua tetap siaga dengan pendekatan upaya pencegahan, bagi penerima manfaat di balai bisa dilatih membuat masker dari bahan kain lalu dibagikan kepada masyarakat di sekitar balai itu berada,” katanya.

“Tidak hanya masker bila perlu ditingkatkan buat alat pelindung diri (APD) sendiri dengan harga terjangkau serta lebih baik lagi jika bisa mendapatkan standar medis yang nanti digunakan dalam kegiatan vaksinasi,” sambungnya.

Untuk diketahui, Kegiatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI diisi berbagai lomba seperti bulu tangkis, catur, karaoke, inovasi dan dialog dalam bahasa Inggris. Perlombaan tersebut juga dapat ditonton langsung secara virtual dengan disediakan link.

Baca Juga: Peringati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, RT 002 Klodran Indah Colomadu Gelar Malam Tirakatan Virtual

Proaktif

Acara puncak HUT ke-76 RI ditutup oleh Mensos Risma yang dihadiri pejabat Eselon I dan II serta pegawai Kemensos. Kegiatan tersebut dipastikan tetap menerapkan protokol kesehatan dan sebelum pertandingan digelar dilakukan tes antigen terlebih dahulu, menjaga jarak dan memakai masker.

Mensos Risma mengakhiri kegiatan hari ini dengan menghadiri pertemuan dengan pegawai di seluruh UPT di Lingkungan Kemensos melalui Zoom Meeting dengan berpesan agar bekerja sepenuh hati, sebab banyak masyarakat menunggu layanan dari balai-balai milik Kemensos.

“Pesan saya pada semua pegawai balai untuk terus proaktif dan memaksimalkan fasilitas-fasilitas balai untuk membantu dan menolong orang lain yang membutuhkan. Saya ucapkan selamat berjuang menjalankan tugas mulia. Percayalah Tuhan pasti membalas atas kebaikan yang saudara lakukan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya