SOLOPOS.COM - Gadis kecil suku Wayuu menjalani persalinan di rumah sakit Kolombia (noticias.univision.com-primer-impacto)

Gadis kecil suku Wayuu menjalani persalinan di rumah sakit Kolombia (noticias.univision.com-primer-impacto)

BOGOTA—Seorang anak perempuan asal Kolombia berusia 11 tahun telah melahirkan seorang bayi. Bayi berjenis kelamin perempuan itu dilahirkan melalui operasi caesar.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Selama masa kehamilan, anak perempuan yang berasal dari suku Wayuu itu tidak pernah berkonsultasi dengan dokter. Suku Wayuu adalah penduduk asli Kolombia yang tinggal di La Guajira Peninsula, kawasan utara Kolombia berbatasan dengan Venezuela.

“Kasus semacam ini sering terjadi pada anak perempuan dari suku Wayuu,” ujar direktur rumah sakit tempat persalinan, Efraín Pacheco Casadiego, seperti dikutip Huffington Post dari RCN La Radio Noticias, Rabu (4/4) waktu setempat.

Ia mengaku cukup prihatin dengan kejadian tersebut. Namun otoritas setempat justru tak mampu berbuat banyak untuk mengatasi hal itu. Mereka justru memberikan kebebasan bagi suku Wayuu untuk menjalankan kedaulatan kelompoknya.

“Kami berusaha menghargai semua hak suku Wayuu, karena mereka memiliki otonomi dan kekuasaan hukum sendiri,” ujar Alejandro Samplayo, direktur lembaga orangtua asuh setempat.

Siapa ayah dari bayi tersebut, tak pernah terungkap. Tak seorang pun anggota suku Wayuu yang mau menceritakan soal kehamilan itu.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya