SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjaja cinta (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO –– Pembahasan fenomena cabe-cabean masih terbilang hangat di awal 2014 ini. Bukan hanya pakar anak, remaja indonesia juga punya cara sendiri dalam memandang cabe-cabean.

Media sosial twitter jadi tempat menarik untuk membahas fenomena cabe-cabean. Menurut sejumlah pengguna, fenomena cabe-cabean sebenarnya fenomena lama. Cabe-cabean hanya istilah baru yang dulu dikenal dengan sebutan lain.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Bagi remaja yang menggunakan bahasa jawa, seperti remaja Solo misalnya istilah “Kimcil” barangkali bisa menggambarkan cabe-cabean. “Kimcil”adalah istilah untuk menggambarkan gadis belia usia 15 hingga 23 tahun yang cenderung sok imut.

“Daun muda perkotaan, biasanya berusia antara 15-23 tahun (SMA-Kuliah), bergaya trendi, suka begaol, cenderung sok imut, ceria-ceria bikin gemes, sasaran empuk cowok-cowok pinginan,”  tulis kamusslang.com, seperti dikutip Sabtu (4/1/2014).

Nama “Kimcil” diambil dari plesetan alat vital perempuan yang digabungkan dengan kata cilik atau dalam bahasa indonesia berarti kecil.

Sejumlah remaja menganggap kimcil dan cabe-cabean itu sama saja, hanya pembaruan istilah saja.

Oalah, bahasa indonesiae kimcil iku cabe-cabean? -.- ono ae, (bahasa indonesianya kimcil itu cabe-cabean? ada-ada saja)” Kicau akun Gusti Chandra Rizki.

Ha wong penak nyeluk KIMCIL, kok yo di ganti cabe-cabean. Cah ndonya saiki emang seneng sing ruwet kok (lebih enak panggil kimcil, kok ya diganti cabe-cabean. Manusia bumi sekarang memang senang yang lebih rumit kok),” kata akun @salatigakoplak.

Hehe ngikuti semarang aja kimcil, jkt ma cabe”an tu,” kata N.Aresiana Cahyasari menanggapi kicauan akun @metasetiad.

Kimcil was being replaced with Cabe-cabean,” kata Angga Yulian Saputra
Sementara kamus slang punya pandangan lain tentang pertautan istilah cabe-cabean dan kimcil. Menurut “kamus gaul” ini, cabe-cabean lebih parah dibanding kimcil.

Cabe-cabean adalah singkatan dari kata ‘cewek alay bahan ewxxan’. Cabe-cabean bisa jga diartikan sebagai kimcil. Tapi Cabe-cabean lebih parah dari kimcil karena kimcil tidak semuanya alay. Sementara Cabe-cabean pasti alay,” tulis kamusslang.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya