SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan sambutan saat upacara peringatan Sumpah Pemuda di Alun-alun Kabupaten Madiun, Jumat (28/10/2022). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, SOLO — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya, meminta Khofifah Indar Parawansa untuk nonaktif dari jabatan Ketua Umum PP Muslimat NU apabila resmi masuk ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Gus Yahya mengingatkan bahwa setiap pengurus PBNU tidak boleh ikut berpolitik praktis dalam ajang pemilu. Aturan tersebut juga berlaku untuk Khofifah.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Kalau sudah terdaftar resmi [sebagai TKN Prabowo-Gibran] maka dia [Khofifah] harus nonaktif dari jabatannya sebagai Ketua Muslimat NU,” ujar Gus Yahya di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

Dia menjelaskan, jika ingin berpolitik praktis maka pengurus PBNU harus nonaktif setidaknya hingga ajang pemilu berakhir. Menurutnya, sudah ada sejumlah pengurus PBNU yang mundur hingga nonaktif akibat berpolitik praktis dalam Pemilu 2024.

PBNU akan merilis puluhan nama pengurusnya dari berbagai tingkatan yang sudah dinonaktifkan atau akan nonaktif akibat keterlibatan mereka dalam ajang Pemilu 2024.

“Sebentar lagi PBNU akan mengeluarkan SK dengan list [daftar] yang rinci tentang para pengurus yang nonaktif dan harus nonaktif,” jelas Gus Yahya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan bahwa Khofifah Indar Parawansa sudah bersedia menjadi Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran.

Menurutnya, Khofifah mulai aktif menjadi juru kampanye nasional Prabowo-Gibran pada 21 Januari 2024 sesuai dengan surat keputusan (SK).

“Jadi posisi Dewan Pengarah TKN juga ada beberapa tokoh sentral, tidak hanya ketum parpol koalisi, tugasnya nanti adalah yang mengendalikan dan bahan pertimbangan serta membuat garis program dari pada TKN,” tutur Nusron di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Gus Yahya Minta Khofifah Nonaktif dari PBNU usai Gabung TKN Prabowo-Gibran”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya