SOLOPOS.COM - Francois Hollande (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Francois Hollande (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

PARIS – Francois Hollande hari Selasa (15/4/2012) pagi ini waktu Prancis atau sore WIB akan dilantik sebagai presiden baru Prancis. Tidak ada banyak waktu buat Hollande untuk berpesta atau bersantai karena segera setelah pelantikan dengan tetek bengeknya dia akan langsung terbang ke Berlin, Jerman, untuk berunding dengan Kanselir Angela Merkel membahas kebijakan moneter dan fiskal Eropa.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Hollande, presiden pertama dari Partai Sosialis setelah 17 tahun, selanjutnya akan menggelar konferensi pers pertamnya sebagai presiden di Berlin, bersama Merkel. Dunia keuangan akan memantau seksama apakah pernyataan kebijakannya yang mendukung perlunya instrumen untuk merangsang pertumbuhan sebagai penyeimbang kebijakan uang ketat yang dipertahankan dengan keras oleh Angela Merkel tidak akan mengganggu hubungan kedua negara.

Hollande yang selama ini dicitrakan sebagai “orang biasa” untuk memikat para pemilih yang kesal dengan gaya pesohor pendahulunya, Nicholas Sarkozy, bakal dilantik dalam upacara yang sederhana. Dia sendiri sebelum ini menegaskan bahwa beban situasi krisis ekonomi di Eropa membuatnya merasa tak pantas untuk dilantik dalam seremoni yang panjang dan mewah.

Tak seperti para pendahulunya, tamu undangan pribadi Hollande hanya beberapa puluh orang saja. Bahkan anak-anaknya serta anak dari pasangannya, Valerie Trierweiler, juga takkan hadir dalam upacara. Pelantikannya sebagai presiden akan ditandai dengan pemasangan kalung emas tanda jabatan yang bobotnya hampir satu kilogram dan diukir dengan nama-nama para presiden dari Republik Kelima Prancis. Sebelum upacara, Sarkozy akan menyerahkan kepada Hollande semua kode peluncuran rudal niklir dan dokumen vital negara lainnya.

Upacara akan ditutup dengan kirab di sepanjang jalan raya utama Paris, Champs Elysee di mana Hollande akan menaiki mobil terbuka untuk menyalami rakyat. Untuk urusan mobil dinas, Hollande ternyata punya pilihan tersendiri. Dia memilih mobil hybrid Citroen DS5 yang bermesin diesel-listrik, yang akan digunakannya kali pertama dalam kirab presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya