SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) resmi mengusulkan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai pahlawan nasional. Surat usulan disampaikan langsung FPKB ke Departemen Sosial.

“Kami hari ini resmi mengusulkan Gus Dur sebagai pahlawan nasional,” ujar Ketua FPKB DPR Marwan Jafar kepada wartawan di Departemen Sosial, Jl Salemba, Jakarta Pusat, Senin (4/1).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Marwan datang ke Depsos ditemani sekretaris FPKB Hanif Dhakiri untuk menyampaikan langsung surat permohonan beserta biodata lengkap Gus Dur kepada Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri.

Dikatakan Marwan, alasan mengusulkan GUs Dur sebagai pahlawan nasional sederahana saja. Mantan presiden ke-4 itu memang pantas dan tidak diragukan lagi sebagai pahlawan, karena Gus Dur telah mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara. Gus Dur, lanjut Marwan, sudah mengabdi bagi negara jauh sebelum menjadi Ketum PBNU pada tahun 1984, dan terus berjasa hingga menjadi presiden.

“Saya kira hampir tidak ada tokoh setelah reformasi yang menyamai dia. Apalagi ditambah pandangan dia dalam pluralisme, hak asasi manusia,” tambah Marwan.

Selain mengusulkan menjadi pahlawan nasional, PKB sebagai partai yang didirikan oleh Gus Dur juga kan mendorong Gus Dur meraih Nobel Perdamaian.

Dikatakan Marwan, Gus Dur layak meraih nobel yang diperuntukan bagi tokoh-tokoh yang berperan dalam perdamaian dunia karena sebelumnya sudah pernah meraih penghargaan Ramon Magsaysay Award. Dengan meraih penghargaan dari negara Filipina itu, Gus Dur menurutnya selangkah lagi menerima nobel perdamaian. Hal ini dilengkapi dengan keanggotaan Gus Dur sebagai anggota persekutuan agama-agama dunia.

“Karena itu kita kan dorong juga untuk raih Nobel Perdamaian,” pungkasnya.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya