SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Yogyakarta berpeluang menjadi kota tujuan wisata meeting, incentive, convention and exhibition karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung kegiatan tersebut, kata Ketua Forum Silaturahmi Insan Parwisata (Fosipa) Indonesia, Sarbini.

“Semakin banyak kegiatan akan memperkokoh posisi Kota Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata meeting, incentive, convention and exhibition (MICE), karena itu perlu upaya promosi secara terus menerus,” katanya di Yogyakarta, Rabu (4/8).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Apalagi, menurut dia, Yogyakarta memiliki banyak hotel dan gedung pertemuan berstandar MICE dan siap menggelar berbagai kegiatan baik skala nasional maupun internasional seperti seminar, konvensi dan pameran.

Menurut dia, kegiatan MICE yang digelar di kota ini akan berdampak positif bagi pariwisata setempat. “Selain itu, banyaknya kegiatan MICE akan memberikan keuntungan peningkatan penghasilan bagi masyarakat di daerah ini termasuk para pemangku kepentingan pariwisata,” ujarnya.

Misalnya, kata dia, produk kerajinan, rumah makan atau restoran dan hotel akan diuntungkan dengan makin banyaknya kegiatan MICE baik nasional, regional maupun internasional.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya mempromosikan Kota Yogyakarta sebagai kota MICE baik di dalam maupun luar negeri dengan mengikuti berbagai pameran pariwisata.

Selain itu, pihaknya akan mengundang wartawan media cetak dan elektronik dari luar negeri ke Yogyakarta dengan harapan mereka menulis tentang pariwisata di daerah ini.

“Dengan makin banyaknya kegiatan MICE di Yogyakarta, saya yakin upaya mewujudkan daerah ini sebagai daerah tujuan wisata MICE terkemuka di Indonesia bisa menjadi kenyataan,” katanya.

Berdasarkan data Kantor Dinas Pariwisata DIY, sampai kini tercatat sebanyak 33 hotel kategori bintang di daerah ini dan 835 hotel melati disamping beberapa gedung pertemuan yang bisa mendukung Yogyakarta sebagai tujuan wisata MICE.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya