SOLOPOS.COM - Mural tersebut sebagai apresiasi upaya Jokowi dalam mendamaikan perang Rusia-Ukraina. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, HIROSHIMA — Para pemimpin negara demokrasi terkaya di dunia atau G7 pada Jumat (19/5/2023) membahas tentang perang Rusia-Ukraina yang telah berlangsung lebih dari setahun.

Mereka sepakat memperketat sanksi terhadap Rusia dan sebaliknya menjanjikan dukungan keuangan untuk Ukraina ketika Presiden Volodymyr Zelensky bersiap untuk bergabung di Kota Hiroshima, Jepang.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Berikut rangkuman KTT G7 di Hiroshima Jepang:

1. Para pemimpin G7 mengatakan mereka telah memastikan Ukraina mendapatkan dukungan anggaran yang diperlukan untuk tahun ini dan awal 2024.

2. Sebuah pesawat pemerintah Prancis membawa Zelensky ke KTT Liga Arab di Arab Saudi dan kemudian akan membawanya ke KTT G7 di Hiroshima.

3. Amerika Serikat dan negara-negara G7 lainnya akan mengungkap sanksi baru dan kontrol ekspor yang menargetkan Rusia atas perangnya melawan Ukraina.

4. Ukraina ingin sekutunya lebih berani dalam menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, termasuk dengan menargetkan bank yang menyediakan jasa keuangan untuk melayani tentara.

5. Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pemerintahnya menginginkan tindakan pragmatis untuk mencegah pengelakan sanksi yang dikenakan kepada Rusia.

6. Para pemimpin akan membahas bagaimana melacak perdagangan berlian Rusia dengan tujuan memberlakukan pembatasan pada tahap selanjutnya.

7. Perdana Menteri India Narendra Modi akan bertemu Zelenskiy di sela-sela KTT.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Rangkuman KTT G7 Hiroshima: Ukraina Dapat Anggaran, Sanksi untuk Rusia Diperketat”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya