SOLOPOS.COM - FKIP Universitas Tidar (Untidar) Magelang, melaksanakan orientasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kategori 1 Tahun 2023 secara online Senin (18/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, MAGELANG — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar (Untidar) Magelang, melaksanakan orientasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kategori 1 Tahun 2023.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, kegiatan yang digelar secara online Senin (18/9/2023) tersebut diikuti oleh 60 mahasiswa.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Terima kasih atas kepercayaannya untuk memilih Untidar, walau baru pertama kali dalam penyelenggaraannya kami mohon keseriusan kepada kedua belah pihak baik dari mahasiswa maupun pengajar agar kegiatan ini membuahkan hasil yang baik,” kata Rektor Untidar, Prof. Dr. Sugiyarto dalam sambutannya.

Rektor menekankan kesempatan ini harus dimanfaatkan mahasiswa PPG yang juga berprofesi sebagai guru untuk ajang belajar, karena belajar itu seumur hidup.

“Tujuannya tidak sekadar sertifikat pendidik namun juga kemampuan guru profesional yang bisa mendidik anak-anak bangsa dengan kualitas yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FKIP, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. mengingatkan pentingnya penyesuaian dengan metode pembelajaran dan komunikasi khususnya dengan Tim PPG FKIP Untidar.

“Pelaksanaan PPG Daljab di Untidar akan dilaksanakan secara daring. Ada dua hal penting yang perlu dicermati yaitu Learning Management System (LMS) dan perkuliahan melalui aplikasi zoom meeting,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Whatsapp grup yang telah disediakan diharapkan dapat menjadi media komunikasi jika dalam pelaksanaanya nanti terdapat kendala. Semua kebutuhan perkuliahan terkait jadwal, materi tugas, nilai dll akan diunggah di LMS.

Mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Tahun 2023 di FKIP Untidar terdiri atas 30 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan 30 mahasiswa program studi Pendidikan IPA.

Masa orientasi dan perkuliahan dimulai 18 September hingga 28 November 2023. Sedangkan untuk Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) dijadwalkan 30 November-10 Desember 2023.

Dalam situs resmi PPG Kemdikbud dijelaskan Program PPG Daljab merupakan program pendidikan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

Program sertifikasi guru saat ini terbagi menjadi 2 yaitu PPG Daljab dan PPG Prajabatan. PPG Daljab diperuntukkan bagi guru-guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan tahun 2015 dengan syarat-syarat yang berlaku. Pembiayaan PPG Daljab dibiayai oleh Pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya