SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Meski terbilang tidak terlalu mengganggu, fenomena gadis cabe-cabean ternyata juga mendapat perhatian dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Seperti dilansir Antara, Senin (23/12/2013), pasangan Jokowi tersebut mengatakan akan menangkap cewek cabe-cabean jika mengganggu ketertiban umum. “Saya enggak tahu apa itu cabe-cabean, tapi kalau dia naik motor enggak pakai helm dan kebut-kebutan ya harus ditangkap,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Lebih lanjut Ahok mengatakan para orang tua harus diingatkan agar putera-puterinya tidak mengganggu ketertiban umum. “Masalah pakaian saya enggak bisa melarang, nongkrong sampai larut malam pun kalau tidak mengganggu ketertiban ya saya enggak bisa melarang, kecuali mereka mengganggu ketertiban umum,” katanya.

Berbeda dengan Ahok, pemerhati anak, Seto Mulyadi, justru meminta semua pihak untuk lebih peduli dengan fenomena ini. Kak Seto menegaskan cabe cabean adalah fenomena yang umum terjadi. “Usia muda sekitar SMP SMA itu karena hasrat seksual libidonya itu tinggi. Karena banyak ditahan perasaannya sehingga mereka menyalurkannya ke perilaku berisiko seperti cabe-cabean,” kata Kak Seto sepeti dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (4/1/2014).

Untuk menghindari hal tersebut Kak Seto menyarankan orangtua perlu menyalurkan perasaan terpendam lewat hal-hal positif. “Seharusnya orang tua cabe-cabean itu menyalurkan emosi anaknya dengan melibatkan anak ke hal-hal positif misalnya ikut les. Libatkan mereka ke dalam kegiatan positif selain itu kasih sayang dan perhatian jangan sampai berkurang. Sesibuk-sibuknya orangtua harus tetap memperhatikan dan mencurahkan kasih sayang,” ujarnya.

Fenomena cabe-cabean booming pada akhir 2013 dan awal 2014 ini. Raper muda, Young Lex dalam situs berbagi video, Youtube, mengupas habis fenomena cabe-cabean ini.

Dalam video yang diunggah pertengahan 2013 lalu Lex mengungkap sepuluh ciri cabe-cabean. Dalam video Young Lex juga memperkenalkan tagline hastag #PrayForCabecabean untuk menunjukkan simpatinya pada fenomena ini. Di daerah tertentu seperti Solo, dikenal istilah kimcil yang cenderung mirip dengan fenomena cabe-cabean. Kamus Slang menyebut cabe-cabean adalah kimcil yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya