SOLOPOS.COM - ilustrasi (google)

Gerhana matahari total akan terjadi beberapa wilayah di Eropa pada 20 Maret 2015. Sementara wilayah lainnya akan melihat gerhana matahari parsial.

Solopos.com, LONDON – Gerhana matahari total diprediksi akan terjadi, Jumat (20/3/2015). Beberapa wilayah akan mengalami kejadian tersebut seperti wilayah Benua Eropa, Afrika Utara, dan Asia Utara.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Seperti dilansir laman Ibtimes.com, Senin (16/3/2015), Kepulauan Faroe dan Kepulauan Svalbard Norwegia merupakan wilayah utama yang akan mengalami gerhana matahari total. Kedua wilayah itu akan melihat kejadian tersebut selama 132 detik atau sekitar 2 menit 12 detik.

Sementara wilayah lain hanya akan melihat gerhana matahari parsial. Seperti wilayah Skotlandia yang akan melihat 95% gerhana matahari dan wilayah London hanya 85%.

Walau tidak bisa melihat gerhana matahari total, warga Inggris dipastikan akan ramai-ramai melihat fenomena itu. Pasalnya mereka harus menunggu 11 tahun kemudian untuk melihat gerhana matahari parsial. Selain itu gerhana matahari tersebut diprediksi sebagai gerhana matahari terbesar selama kurun waktu 16 tahun terakhir.

Pemerintah setempat mengimbau kepada warganya untuk menggunakan kacamata khusus saat melihat gerhana agar tidak merusak retina. Di Inggris sendiri, gerhana matahari tersebut akan terjadi pukul 08.45 waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya