SOLOPOS.COM - FEB UKSW Salatiga menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Lapangan Usul Penyelenggaraan Program Studi (Prodi) Ilmu Akuntansi Program Doktor, Senin (12/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Lapangan Usul Penyelenggaraan Program Studi (Prodi) Ilmu Akuntansi Program Doktor, Senin (12/12/2022).

Kegiatan evaluasi lapangan dihadiri Validator Mahfud Sholihin, Euphrasia Susy Suhendra, dan Engkos Achmad Kuncoro. Turut hadir dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Siti Nurul Jannah dan Natanael Ruddy Prihastomo, serta tim Direktorat Kelembagaan Henriette Minerva Wenna dan Anggraini.

Pada kesempatan itu rombongan bertemu dengan Rektor UKSW Intiyas Utami didampingi Wakil Rektor Bidang Pengajaran Akademik dan Kemahasiswaan Ferdy S. Rondonuwu, dan Wakil Rektor Bidang Keuangan Infrastruktur dan Perencanaan Priyo Hari Adi.

Selain itu, Sekretaris Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) Heri Usodo, Dekan FEB Yefta Andi Kus Noegroho, Wakil Dekan FEB Agus Sugiarto, Kaprodi S1 Ilmu Akuntansi Yeterina Nugrahanti, Kaprodi S2 Ilmu Akuntansi Ronny Prabowo, dosen, dan staf FEB.

Rektor UKSW Salatiga, Intiyas Utami, mengungkapkan bahwa dengan dukungan dari 18 Sinode Gereja di Indonesia, UKSW berharap dapat mewujudkan program S1, S2, dan S3.

Baca Juga : Expo City Branding UKSW, Hasil Berpikir Kristis Mahasiswa melalui Project

Intiyas Utami juga mengungkapkan UKSW Salatiga sudah mempersiapkan sejumlah hal, seperti dokumen lengkap, sarana prasarana, dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) demi mewujudkan Prodi S3 Ilmu Akuntansi.

Kado Natal yang Spesial

Sekretaris Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Heri Usodo, menyatakan bahwa UKSW telah memiliki 61 prodi dengan program S1, S2, dan S3.

Heri mengungkapkan FEB yang telah mencapai akreditasi unggul dalam semua prodi berharap memiliki program S3 Ilmu Akuntansi. “Harapannya FEB dapat segera memiliki Prodi S3 Ilmu Akuntansi,” ujar dia.

Gayung bersambut, dari pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI, Siti Nurul Jannah, menceritakan proses FEB UKSW Salatiga telah mempersiapkan proses penyelenggaraan S3 Prodi Ilmu Akuntansi sejak tahun 2019.

Baca Juga : FKIK UKSW Salatiga Ikut Pecahkan Rekor Muri 14.000 Porsi Makanan Cegah Stunting

Kemudian, diajukan pada tahun 2021 dan 2022. “Perjalanan panjang yang telah dilewati sudah mulai terlihat hasilnya. Semoga ini dapat menjadi kado natal yang spesial bagi UKSW,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Validator Mahfud Sholihin. Dia mengungkapkan bahwa FEB UKSW Salatiga mempunyai tiga benchmark universitas dalam negeri serta luar negeri, yakni di Australia, Amerika dan Thailand.

“Kami melihat dokumen dan sudah mengevaluasi, memberikan catatan, sehingga hari ini dapat dilakukan diskusi. Semoga kehadiran kami memberikan manfaat bagi UKSW serta bangsa dan negara Indonesia pada umumnya,” tutur validator yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dibuka Tahun Akademik 2023/2024

Ditemui seusai acara, Dekan FEB UKSW Salatiga, Yefta Andi Kus Noegroho, memaparkan bahwa persyaratan menyelenggarakan Prodi S3 Ilmu Akuntansi telah terpenuhi, yaitu memiliki dua guru besar dan setidaknya lima dosen bergelar doktor sekaligus lektor kepala.

Baca Juga : UKSW Ciptakan AI Mining Beta dan EWS Ledakan Trafo

“Tujuan Program S3 Akuntansi dibuat untuk memenuhi visi misi universitas dan menciptakan Magistrorum et Scholarium, persekutuan pendidikan tinggi yang memiliki program S1, S2, hingga S3,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, FEB UKSW Salatiga telah memiliki Prodi S1 Ilmu Ekonomi, Prodi S1, S2, dan S3 Manajemen, Prodi S1 dan S2 Ilmu Akuntansi. “Sehingga dengan memiliki Program S3 Ilmu Akuntansi, kami akan berfokus menyelenggarakan S2 dan S3 Ilmu Ekonomi,” jelas dekan yang mendapatkan gelar doktornya di UGM ini.

Dia juga menjelaskan keunikan program S3 Akuntansi FEB UKSW, yaitu core yang akan dikembangkan adalah behavioral accounting. “Keunikan ini didapat setelah mengkaji bidang profil lulusan akuntansi yang menjadi ciri FEB UKSW dan menganalisis kompetensi dosen,” tambahnya.

FEB akan melengkapi dokumen yang diperlukan guna penerbitan Surat Keputusan (SK) Pembukaan Prodi S3 Akuntansi setelah evaluasi lapangan. FEB UKSW Salatiga menargetkan 5-6 mahasiswa pada awal pembukaan program.

Harapannya prodi S3 Akuntansi FEB UKSW Salatiga dapat mulai diselenggarakan pada awal tahun akademik 2023/2024.

Baca Juga : FGD Fakultas Hukum UKSW & Badan Keahlian DPR Bahas 3 UU di Bidang Pendidikan

Rekomendasi
Berita Lainnya