SOLOPOS.COM - Suasana collaborative project “Euphoria” Vocal Workshop yang digelar oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (4/11/2023) malam.

Solopos.com, SALATIGA – Suasana hangat terasa dalam acara collaborative project “Euphoria” Vocal Workshop yang digelar oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (4/11/2023) malam. Kegiatan ini dilaksanakan di Recital Hall UKSW dengan mengusung tema “Sing With Soul and Hype”.

Sebanyak 86 peserta terdiri dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Satya Wacana, Sekolah Menengah Atas (SMA) Satya Wacana, SMA Kristen 1 Salatiga, SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Negeri 2 Salatiga dan mahasiswa UKSW hadir dalam Vocal Workshop. Tak ketinggalan turut hadir dalam acara ini, Kepala Program Studi (Kaprodi) Seni Musik FBS Dr. Rachel Mediana Untung, M. Sn., dan Dosen Pembimbing Mata Kuliah Event Management di FEB Samuel Martono, S.E., M.M.

Dalam kesempatan ini, Dr. Rachel Mediana menerangkan bahwa kegiatan Vocal Workshop ini merupakan event project kolaborasi antara mata kuliah Manajemen Seni yang ada di Program Studi (Prodi) Seni Musik FBS dan mata kuliah Event Management yang ada di Prodi Manajemen FEB.

“Untuk kedua kalinya kami melakukan collaborative project seperti ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan collaborative learning yang inovatif antara mahasiswa FBS dan FEB,” terang Dr. Rachel Mediana yang juga merupakan Dosen Pengampu mata kuliah Manajemen Seni. Menurutnya, melalui acara yang dikemas dengan mengkombinasikan ilmu manajemen dan musik ini akan terjadi sebuah proses pembelajaran dan penerapan materi dari dua mata kuliah yang diajarkan.

“Dalam mata kuliah Manajemen Seni, mahasiswa belajar praktik membuat time schedule event seni salah satunya bidang musik, membuat pengorganisasian, membuat siaran press, dan mengeksekusi acara yang bersifat praktis,” katanya. Gayung bersambut, Samuel Martono menuturkan collaborative project ini sebagai wujud implementasi dari mata kuliah Event Management dan Manajemen Seni.

Pada mata kuliah Event Management, lanjutnya, mahasiswa mempelajari fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Ditambahkannya, collaborative project ini juga merupakan bagian dari Tugas Akhir Semester mahasiswa.

“Mata kuliah Event Management tidak hanya belajar tentang ilmu manajemen saja, melainkan juga belajar mengenai manajemen sebagai seni. Hal ini tentang kemampuan atau keterampilan seseorang dalam mengelola sesuatu untuk mencapai tujuan,” ungkapnya.

Yohanes Angga Apriliyanto, salah satu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Event Management mengungkapkan melalui acara ini dirinya belajar merencanakan hingga merealisasikan sebuah event dalam bentuk kolaborasi. “Kegiatan ini sebagai wujud penerapan ilmu yang kami dapat. Kami juga belajar mengasah keterampilan untuk saling bekerja sama dalam menyukseskan sebuah acara. Selain itu, setiap mahasiswa dari FEB maupun FBS terlibat langsung menjadi panitia,” ungkap mahasiswa Prodi Manajemen FEB tersebut.

Tips Bernyanyi

Dalam acara Vocal Workshop ini, Jessica Amanda Lunel selaku Music Director dihadirkan sebagai narasumber tunggal. Ia membagikan berbagai tips bernyanyi yang baik kepada seluruh peserta. “Beberapa tips yang harus diperhatikan untuk bernyanyi dengan baik dan benar yakni memperhatikan postur tubuh, pengaturan pernafasan, pemanasan, pembentukan vokal, intonasi, dan resonansi vokal,” ungkapnya.

Tak hanya materi, dirinya juga mengajak puluhan peserta yang hadir untuk melakukan praktik bernyanyi secara bersama-sama. Suasana semakin meriah saat seluruh peserta berdiri berdampingan melatih vokal mereka dengan menyanyikan lagu Everybody Clap Your Hand yang dipopulerkan oleh We Kids Rock.

Selain itu, peserta yang hadir juga berkesempatan untuk bernyanyi di atas panggung kemudian dinilai langsung oleh Jessica Amanda. Salah satunya adalah Regine Chelsea Setiawan siswa kelas XI MIPA SMA Kristen Satya Wacana. Ia mengaku senang karena bisa praktek langsung tentang materi yang diberikan.

“Saya bisa lebih mempelajari kekurangan dan kelebihan saya saat bernyanyi terutama saat bernyanyi di atas panggung. Saya belajar banyak banget untuk teknik dasar seperti postur tubuh dan intonasi sangat penting untuk diperhatikan,” ungkapnya. Rangkaian lainnya yakni live music dari Jessica Amanda dan dua mahasiswa FBS Michael Firdy Riyanto dan Katerina Fieschi Restu menjadi suguhan penutup dalam acara ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya