SOLOPOS.COM - Salah satu peserta mengikuti salah satu lomba EMCD 2024 yang diadakan FBS UKSW Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA-Fakultas Bahasa dan Seni atau FBS UKSW sukses menggelar EMCD 2024, Sabtu (9/3/2024). Kegiatan ini diikuti sebanyak 98 peserta setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah, khususnya di Pulau Jawa.

Datang dari berbagai daerah, peserta lomba English and Music Competition Day (EMCD) 2024  di antaranya berasal dari SMAK Satya Wacana, SMAN 1 & 2 Salatiga, SMAK Tri Tunggal Semarang, SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMAK BPK Penabur Serang, SMA Kolese Loyola, SMAN 1 Lasem, SMA Santo Bernardus Pekalongan, SMA Karangturi Semarang, SMAN 1 & 3 Semarang, SMAN 3 Magelang, SMA YSKI Semarang, SMAN 1 Getasan, SMAN 1 Tengaran, SMA Islam Al Azhar 30 Salatiga, Destiny Institute, dan TEC Home School.

Antusiasme peserta begitu terasa saat mengikuti opening ceremony EMCD 2024 yang digelar di halaman depan Gedung FBS UKSW. Wajah sumringah penuh semangat ditunjukkan para siswa-siswi yang siap mengikuti kompetisi. Penampilan dengan berbagai kostum mengisyaratkan persiapan matang yang telah mereka lakukan.

Kali ini, acara yang digelar tahunan ini menghadirkan enam mata lomba. Lomba tersebut yaitu Storytelling, Newscasting, Speech, Band, Solo Vocal, dan Sound Poetry. Berbeda dari tahun sebelumnya, sound poetry adalah lomba yang baru kali pertama diadakan tahun ini.

Ketua Panitia EMCD Regina Funay mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi sarana bagi peserta untuk menggali bakat dan minat di bidang Bahasa Inggris dan Musik. “Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk menyalurkan kemampuannya di bidang tersebut,” bebernya.

Selain itu, kegiatan EMCD 2024 juga menjadi ajang pengenalan FBS UKSW Salatiga kepada siswa-siswi supaya dapat mengenal program studi yang ada dengan lebih dekat. Menurutnya FBS memiliki empat prodi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Seni Musik, dan juga Magister Pendidikan Bahasa Inggris dengan dosen native dan non-native yang kompeten.

Menyambut peserta dengan hangat, Dekan FBS Drs. Agastya Rama Listya, M.S.M., Ph.D., mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas partisipasi para peserta. “Kiranya semua peserta dapat melakukan kompetisi dengan gembira. Perkenalan dan persahabatan merupakan hal yang penting, bukan hanya sekedar kompetisi,” pesannya.

Kegiatan ini diselenggarakan di dua tempat yaitu Gedung FBS, Kampus Kartini, juga Ruang Recital Hall yang terletak di Kampus Diponegoro. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat tersebut dengan tujuan para siswa dapat mengenal FBS lebih dekat.

Asah kemampuan dan percaya diri

Salah satu peserta asal SMAN 1 Lasem Keyla Cindy mengungkapkan perasaannya mengikuti lomba yang baru pertama kali diikutinya. “Saya sudah berlatih setiap hari dan saya sangat excited mengikuti lomba ini. Kegiatan ini mengasah kemampuan saya di bidang newscasting dan juga menambah relasi saya,” ujarnya.

Dijumpai pada kesempatan yang sama, guru pendamping SMAN 1 Lasem Dewi Sumarwati, S.Pd., mengungkapkan bahwa sekolahnya selalu menantikan kegiatan yang diselenggarakan FBS ini setiap tahunnya.

“Dari tahun 2020 kami selalu mengikuti lomba ini. Kami senang karena murid dapat menunjukkan bakat dengan kualitas yang sangat bagus, peserta pun dari berbagai sekolah yang berkelas,” tutur guru pengampu bahasa Inggris tersebut.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga  yang menjunjung tinggi toleransi di tengah pluralitas yang ada. Sejumlah alumni SMAN 1 Lasem juga melanjutkan studinya di UKSW.

Tak hanya siswa dan guru pendamping yang merasakan manfaat dari kegiatan ini. Salah satu orang tua peserta Eben Haezer Lalenoh, S.Th., M.A., Ph.D., juga mengungkap apresiasinya atas kegiatan ini. “Ini adalah kegiatan yang sangat positif. Tahun lalu anak saya menjadi runner up Lomba Story Telling, dan kali ini sangat antusias mengikuti lomba ini lagi,” ungkap ayah dari Myrell Charitas Nararya Lalenoh peraih Juara I Story Telling tersebut.

Menurutnya lomba ini memberikan manfaat bagi putrinya untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris dan juga meningkatkan kemampuan public speaking serta kepercayaan dirinya.

EMCD 2024 kian meriah saat menginjak acara announcement yang dimeriahkan dengan penampilan mahasiswa Prodi Seni Musik dan Dosen FBS UKSW Salatiga. Pemenang lomba Story Telling adalah Myrell Charitas Nararya L. dari SMA Kristen 1 Salatiga sebagai the winner, Savrinadeya Riqkita dari SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi sebagai first runner up, dan Deanes Darathea Pandulu dari SMA Negeri 1 Salatiga sebagai second runner up.

Pemenang lomba Speech adalah Lauren Dominique dari SMA Negeri 1 Salatiga sebagai The Winner, Debora Mirmaningtyas dari SMA Negeri 1 Salatiga sebagai First Runner Up, dan Annisa Dhiandra dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai Second Runner Up.

Berikutnya, pemenang lomba Newscasting adalah Jocelyne Vania Yuwono dari SMA Tritunggal Semarang sebagai The Winner, Alexandreia Tristta Putri Kiara dari SMA Kolese Loyola Semarang sebagai First Runner Up, dan Muazzama Shareefa Zash dari SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi sebagai Second Runner Up.

Pemenang Lomba Sound Poetry (Musikalisasi Puisi) adalah The Believers dari SMA Tritunggal Semarang sebagai The Winner, dan Elves dari SMA Tritunggal Semarang sebagai Runner Up.

Pemenang Lomba Solo Vocal adalah Shereen Nathania F dari SMA Santo Bernardus Pekalongan sebagai The Winner, Gracelyn Jessica Christie dari SMA Karangturi Semarang sebagai First Runner Up, dan Viola Fay Christian dari Destiny Institute sebagai Second Runner Up.

Kemudian, pemenang Lomba Band adalah Music Lab dari SMA Karangturi Semarang sebagai The Winner, Offlimits dari SMA Negeri 1 Semarang sebagai First Runner Up, dan D’Panteras dari SMA Negeri 3 Semarang sebagai Second Runner Up.

Rekomendasi
Berita Lainnya