SOLOPOS.COM - Prosesi sertijab Fakultas Teologi ditandai dengan penyerahan memorandum akhir jabatan oleh Pdt. Yusak Budi Setyawan, MATS., Ph.D., kepada Pdt. Izak Lattu, Ph.D. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Ibadah Syukur dengan refleksi yang dipimpin oleh Pdt. T.M. Ebenheser Lalenoh, Ph.D., mengawali acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pimpinan Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW, Senin (5/12/2022).

Mendasari refleksi dari Filipi 4:8-9, Pdt. Ebenheser Lalenoh, Ph.D., menekankan Fakultas Teologi adalah rumah bersama bagi seluruh rekan sekerja di dalamnya. Oleh karena itu, disampaikannya segala pekerjaan di dalamnya harus penuh dengan nilai-nilai kristiani.

“Saling menopang, tidak menjegal, kepedulian serta menganggap rekan sekerja sebagai mitra adalah corak kepempinan yang memanfaatkan kekuasaan untuk memberdayakan. Kepemimpinan yang bersahabat menempatkan kepentingan bersama serta tidak akan mengambil keputusan yang menentukan nasib seseorang sembarangan apalagi hanya didasarkan asumsi,” imbuhnya.

Bagi pejabat yang baru di lingkungan Fakultas Teologi, Pdt. T.M. Ebenheser Lalenoh, Ph.D., berpesan agar senantiasa menjaga jabatan sebagai sebuah amanat yang dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: FGD Fakultas Hukum UKSW & Badan Keahlian DPR Bahas 3 UU di Bidang Pendidikan

Pada perjalanannya Fakultas Teologi dipimpin Pdt. Yusak Budi Setyawan, MATS., Ph.D., sebagai Plt. Dekan sejak 1 Desember 2019 hingga 28 Februari 2020 dan menjadi Dekan sejak 1 Maret 2020 hingga 30 November 2022.

Dalam kesempatan penyerahan jabatan kepada Dekan yang baru, Pdt. Yusak Budi Setyawan, MATS., Ph.D., berharap seluruh civitas akademika Fakultas Teologi tetap menjaga solidaritas dan spirit kebersamaan.

Menurutnya mengemban tugas sebagai dekan adalah pekerjaan yang tidak mudah, namun selama ini tugas tersebut diembannya dengan penuh sukacita dan berdasar pada good governance consensus.

Baca Juga: Dies Natalis ke-63, FH UKSW Ajak Bekerja Bersama Satu Keluarga

“Fakultas ini hampir memasuki usia 53 tahun sehingga bisa dikatakan telah berada pada usia yang matang dan siap menghadapi tantangan perubahan zaman. Semoga senantiasa menjadi komunitas akademik yang mengarah pada organisasi berbasis mutu pelayanan dan ke arah profesional berbasis academic excellence,” imbuhnya.

Proses Regenerasi

Terkait pergantian dekan yang diserahkannya kepada Pdt. Izak Lattu, Ph.D., dikatakannya ini merupakan proses regenerasi dan pihaknya siap memberikan dukungan penuh.

Sementara itu, Pdt. Izak Lattu, Ph.D., yang menerima tongkat estafet ini menyatakan kesiapannya memimpin fakultas yang salah satu visinya adalah menjadi institusi pendidikan teologi tingkat tinggi yang unggul di Indonesia untuk pengembangan ilmu teologi kontekstual, ekumenis dan pluralis ini.

Baca Juga: UKSW Komitmen Natal 1 Hati: Kasih Sejati Lupakan Perbedaan!

“Kita akan terus memperkuat dan meneruskan ciri fakultas yang telah dibangun oleh pada pendahulu termasuk ciri relasi yang sangat dekat dengan mahasiswa. Penguatan jejaring nasional dan internasional, kemungkinan networking dengan kampus di dalam dan luar negeri, peningkatan publikasi dosen dan mahasiswa juga akan digenjot,” terang peraih gelar Ph.D., dari Graduate Theological Union, Berkeley, California ini.

Pdt. Izak Lattu, Ph.D., juga mengajak seluruh komponen fakultas untuk bersatu hati sehingga dapat berlari bersama dan membawa fakultas ini semakin berkembang.

Prosesi sertijab yang ditandai dengan penyerahan memorandum akhir jabatan ini turut disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom.

Pimpinan periode sebelumnya disampaikan Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., telah menyelesaikan pekerjaannya hingga tuntas, sehingga kepemimpinan baru dapat mulai melakukan tugas dengan sepenuh hati.

Baca Juga: Sehari Seusai Dilantik, Rektor UKSW Lantik 170 Pejabat Kabinet Kerja Satu Hati

“Mari bersatu hati lanjutkan proses perjalanan di UKSW. Kita akan bekerja sesuai dengan rambu penjaminan mutu yang telah ditetapkan bersama. Harapannya pimpinan fakultas dapat menyusun program kerja yang linier. Mari bekerja bersama dengan cerdik dan pintar di ladang Tuhan,” pesannya.

Adapun kegiatan ini juga turut dirangkai dengan serah terima pengelolaan Campus Ministry (CM) UKSW yang sebelumnya dikepalai oleh Pdt. Onesimus Dani, S.Si., diserahkan kepada Dekan Fakultas Teologi. Selanjutnya CM UKSW akan berada di bawah naungan Fakultas Teologi dan dipimpin oleh Pdt. Dr. Ferry Nahusona, M.Si., dari Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM).

Rekomendasi
Berita Lainnya