SOLOPOS.COM - Dekan Fakultas Psikologi UKSW Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si., M.H., Psikolog, memberikan materi dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Soft Skill Psikologi pada Jajaran Kepolisian Daerah Jateng.

Solopos.com. SALATIGA – Sebanyak 120 orang perwira polisi mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Soft Skill Psikologi pada Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) Tahun 2023 di Polresta Magelang, Kamis (8/6/2023).

Polda Jateng menggandeng Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) untuk pemberi salah satu materi pelatihan. Pelatihan diikuti perwira polisi dari enam Kepolisian Resor (Polres) yaitu Magelang, Magelang Kota, Purworejo, Kebumen, Wonosobo dan Temanggung.

Sebelumnya, pada Senin (5/6/2023), kegiatan serupa juga diadakan di Balai Kelurahan Manahan Solo, diikuti peserta 125 perwira polisi. Mereka berasal dari Polresta Solo, Polres Sragen, Karanganyar, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri.

Dekan Fakultas Psikologi UKSW Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si., M.H., Psikolog, dalam kesempatan wawancara melalui pesan singkat menuturkan dalam kegiatan ini para peserta diberi pelatihan, khususnya soft skills. Di antaranya adalah kemampuan coping stress, active listening, serta peka diri dan peka lingkungan. Pelatihan diberikan dalam bentuk ceramah, latihan, dan juga role play.

“Pelatihan ini diberikan sebagai upaya role model dan untuk meminimalisir perilaku menyimpang anggota,” kata Dr. Sri Aryanti Kristianingsih.

Lebih lanjut disampaikan Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, pelatihan ini terbagi menjadi enam batch. Pelatihan juga melibatkan dosen dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata. Dalam waktu dekat pelatihan juga akan diadakan di Pati, Banyumas, Pekalongan, dan Semarang.

“Kerja sama antara Fakultas Psikologi UKSW dengan Polda Jateng tidak terbatas hanya dalam kegiatan ini. Kerja sama juga dilakukan dalam kegiatan lain yang termasuk dalam bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami berharap kerja sama ini akan menjadi berkah bagi semua pihak,” imbuh Sri Aryanti.

Rekomendasi
Berita Lainnya