SOLOPOS.COM - Kegiatan Creative Movie for SMEs (Creation) Competition belum lama ini di Taman Cerdas Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sukses menggelar acara bertajuk Creative Movie for SMEs (Creation) Competition belum lama ini di Taman Cerdas Salatiga.

Acara ini merupakan ide kreatif dan 10 mahasiswa Prodi S1 Manajemen dalam mata kuliah Event Management dengan menggandeng 12 usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta melibatkan siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Salatiga.

Melalui rilis yang dikirim, Ketua Panitia Eka Bude Parmanto menuturkan kegiatan ini diadakan dalam bentuk lomba videografi bagi siswa-siswi SMA dan SMK di Salatiga untuk memperkenalkan UMKM kepada masyarakat serta mendukung pemasarannya.

“Di sini peran kami dalam membantu pertumbuhan ekonomi, khususnya untuk UMKM di Salatiga dengan melibatkan siswa-siswi SMA dan SMK,” bebernya.

Lebih lanjut, acara yang dipersiapkan selama dua bulan ini juga dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa SMA dan SMK dalam bidang videografi.

Sebelumnya, siswa-siswi telah membuat video pendek tentang UMKM yang terlibat dalam waktu 1 pekan. Kemudian, penayangan video dan pengumuman pemenang diadakan dalam acara ini.

Dalam kesempatan ini, digelar juga Movie Talk show bertajuk “From Video to be Young Entrepreneur” dengan dosen entrepreneur FEB UKSW Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc., dan alumni FEB yang juga videographer di Fort Film Surabaya Yohanes Fendy Sunarto, S.E., sebagai narasumber.

Acara talk show dimoderatori oleh dosen FEB Samuel Martono, S.E., M.M. Selain itu, bazar UMKM, live music dan doorprize juga turut memeriahkan acara.

FEB UKSW
Kegiatan Movie Talk show bertajuk “From Video to be Young Entrepreneur”. (Istimewa)

“Adanya kegiatan ini, harapannya dapat digunakan sebagai sarana edukasi serta pengembangan skill peserta lomba, membantu meningkatkan pendapatan UMKM, serta menjadi sarana hiburan bagi masyarakat umum,” imbuhnya.

Wakil Dekan FEB Dr. Agus Sugiarto, S.Pd., M.M., dan Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Manajemen Imanuel Madea Sakti, S.E., M.Sc., yang turut hadir memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

“Saya mengapresiasi kelompok ini atas event yang terselenggara dengan sukses dalam waktu yang singkat,” ungkap Dr. Agus Sugiarto.

Sementara itu, dosen pembimbing Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc., menuturkan melalui mata kuliah event management, teori dan pengalaman praktis di lapangan dapat berjalan secara seimbang.

Mata kuliah ini dapat membangun kompetensi mahasiswa dengan adanya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam memunculkan ide kreatif dalam merancang dan mengelola sebuah event. “Hal ini selaras dengan visi UKSW untuk mencetak alumni dengan karakter creative minority,” paparnya.

Dr. Linda Ariany Mahastanti juga mengapresiasi kelompok yang diketuai oleh Ebe, sapaan akrabnya, atas keberaniannya dan tim menerima tantangan dosen pembimbing untuk membuat event yang unik dan menarik.

“Hal ini tentu memberi manfaat bagi siswa SMA untuk mengembangkan skill konten video kreatif, UMKM yang ada di Salatiga, dan masyarakat umum,” pungkasnya.

Selain dihadiri oleh siswa-siswi SMA dan SMK di Salatiga dan pelaku UMKM, kegiatan ini turut dihadiri oleh masyarakat umum.

Rekomendasi
Berita Lainnya