SOLOPOS.COM - Seorang penumpang perempuan berusaha mengikatkan tali pelampung di Kapal Royce I yang terbakar di Selat Sunda, Sabtu (6/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, CILEGON — Proses evakuasi terhadap ratusan penumpang KMP Royce I yang terbakar di Selat Sunda, Sabtu (6/5/2023) sore, berlangsung dramatis.

Di sejumlah grup Whatsapp sukarelawan SAR beredar beberapa video yang memperlihatkan proses evakuasi penumpang dari kapal milik PT Damai Lintas Bahari itu.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Beberapa video bahkan diambil dari kapal yang terbakar. Diduga video tersebut direkam oleh penumpang kapal yang terbakar.

Dari video itu terlihat ratusan penumpang sudah mengenakan pelampung sembari menunggu dievakuasi ke beberapa kapal lain yang mengelilingi KMP Royce I yang terbakar.

Namun diduga tidak semua penumpang kebagian pelampung. Dari video itu terdengar suara perempuan yang sedang mencari pelampung.

“Tolong ya, gak kebagian juga ya. Pelampung habis ya, pelampung habis ya,” suara perempuan itu dengan nada tergesa-gesa.

“Ya Allah, beri perlindungan kami,” timpal suara lain yang terdengar seorang laki-laki.

Tampak para penumpang saling membantu mengaitkan tali pelampung, terutama kepada penumpang berusia tua.

“Ini gimana caranya, petugasnya kurang apa ya,” suara perempuan lainnya.

Beberapa video lainnya direkam dari kapal-kapal yang mengelilingi KMP Royce I yang terbakar untuk membantu proses evakuasi penumpang.

Diberitakan sebelumnya, KMP Royce I milik PT Damai Lintas Bahari terbakar di perairan Selat Sunda, Sabtu (6/5/2023) sore.

Hingga berita ini diturunkan proses evakuasi ratusan penumpang dari kapal yang terbakar masih berlangsung.

Berdasarkan informasi dari video yang bergulir di sejumlah grup Whatsapp sukarelawan SAR, KMP Royce I berangkat dari Dermaga III Merak, Banten menuju Lampung pukul 14.29 WIB.

Pada pukul 15.05, kapten kapal melaporkan bahwasanya kendaraan laut itu mengalami kebakaran dan berputar haluan untuk kembali ke Merak.

Kapal-kapal di sekitar Merak menyarankan untuk Royce I berhenti dan melempar jangkar agar memudahkan proses evakuasi.

Pukul 15.20 WIB, kapal yang terbakar berhasil berlabuh di area dekat Pulau Merak Besar menunggu bantuan dari Tug Boat Tirtayasa III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya