SOLOPOS.COM - Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)

Solopos.com, JAKARTA – Pada Rabu (1/6/2022) ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Pemerintah pun menterapkan 1 Juni sebagai libur nasional.

Penetapan tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2016. Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Untuk merayakannya, biasanya digelar upacara maupun berbagai kegiatan untuk menyemarakkan.

Tahun ini, Presiden Jokowi ke Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-77 di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende pukul 09.00 WITA.

Menurut Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ende dipilih menjadi pusat peringatan Hari Lahir Pancasila ke-77 karena beberapa keistimewaannya.

Baca Juga: Solopos Hari Ini: Bergeming di Hari Pancasila

Menurut Wakil Kepala BPIP Hariyono, Ende menjadi tempat Presiden ke-1 RI Soekarno untuk merenungkan dasar-dasar negara yang kelak akan dia pimpin.

Di Ende, lanjut dia, Soekarno sadar bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa. Ende memiliki etnis dan agama yang beragam.

Meskipun, Soekarno merupakan pejuang dan tokoh dari kalangan Islam, namun di Ende dia juga berdiskusi dengan tokoh-tokoh agama lain.

“Dari sinilah Ketuhanan menurut Bung Karno tak bisa dipersempit menjadi ketuhanan bagi agama tertentu,” kata Hariyono dikutip dari keterangan resmi, Rabu(1/6/2022).

Baca Juga: Direktur KPK Tulis Puisi di Hari Pancasila, Ini Isinya

Selain itu, masyarakat Ende memiliki kemandirian lantaran bisa takluk dan dijajah oleh Belanda pada 1917. Selanjutnya, masyarakat Ende sangat mendukung toleransi. Meskipun, ada etnis dan agama yang berbeda, tetapi masyarakatnya saling berinteraksi.

“Bung Karno menilai Ende adalah miniaturnya Indonesia,” katanya.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2022 tentang pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022.

Dikutip dari laman bpip.go.id, tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yaitu “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Adapun, logo peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 berupa dua telapak tangan yang bersatu memegang bola dunia (globe).

Baca Juga: Peringatan Hari Pancasila tanpa dihadiri Presiden

Pada permukaan bagian atas bola dunia ada simbol Pancasila lengkap dengan simbol-simbol setiap sila: banteng, pohon beringin, bintang, rantai, padi dan kapas. Lalu, di sisi kiri dan kanan terdapat bendera merah putih yang berkibar.

Warna dua telapak tangan pada logo peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 berwarna merah putih. Hal ini senada dengan temanya berbunyi “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Bangsa.”

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni dan ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penetapan tersebut juga tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila.

“Menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional,” bunyi Keppres tersebut dilansir dari laman setkab.go.id pada Rabu (1/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya