SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA – Verifikasi metrologi atau pengukuran yang dilakukan secara bertahap menunjukkan enam pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah tertib ukur.

Untuk melindungi konsumen, Kementerian Perdagangan RI terus melakukan upaya verifikasi pengukuran di seluruh Indonesia.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan RI Hari Prawoko mengungkapkan selama ini alat ukur yang digunakan dalam  setiap transaksi perdagangan masih banyak yang belum terjamin ketepatannya.

“Sebenarnya alat ukur transaksi yang belum tepat tidak banyak. Kembali lagi ke pemerintah daerahnya, kalau peduli pada tera ulang maka perlu dilakukan verifikasi metrologi,” ujar Hari ditemui usai pembukaan The 20th Asia Pacific Legal Metrology Forum Meeting (APLFM) di Hotel Royal Ambarrukmo, Kamis (7/11/2013).

Hari mengungkapkan tera ulang pada alat pengukuran diperlukan agar alat tersebut memenuhi standar yang ditetapkan. Apabila alat ukur yang digunakan tidak sesuai standar, maka konsumen akan dirugikan.

Untuk menegakan aturan alat ukur yang sesuai standar, Kemendag menggencarkan program tertib ukur untuk setiap daerah.

“Alat ukur yang diverifikasi beragam, seperti meteran listrik yang digunakan PLN. Kalau alat ini tidak tepat, PLN dan konsumen yang akan dirugikan,” jelas Hari.

Program verifikas metrologi ini bukan hanya inisiatif pemerintah pusat saja. Program tertib ukur ini juga merupakan kewajiban pemda setempat.

Saat ini baru enam daerah yang sudah tertib ukur. Antara lain Singkawang, Batam, Tarakan, Bontang, Balikpapan dan Surakarta. Menurut Hari, kendala pelaksanaan program ini masih terganjal oleh kebijakan pemda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya