SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) saat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat terkait arah dukungan capres 2024 di Jakarta, Kamis (21/9/2023). Dalam Rapimnas tersebut Partai Demokrat memastikan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Solopos.com, JAKARTA — Empat nama mengerucut sebagai calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto.

Tidak ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam empat kandidat cawapres Prabowo tersebut.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Empat nama kandidat cawapres Prabowo masing-masing Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, membenarkan AHY tidak masuk dalam radar cawapres Prabowo.

“Kami juga mendengar Bapak Prabowo Subianto akan meminta sekaligus mendengarkan pandangan dari pimpinan tiap-tiap parpol anggota Koalisi Indonesia Maju sebelum beliau memutuskan siapa cawapres yang akan dipilih,” jelas Herzaky dalam keterangannya, Senin (9/102/2023).

Menurutnya, nama Airlangga diusulkan oleh Golkar dan nama Erick Thohir diusulkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Sementara itu, Herzaky tidak mengungkapkan nama Gibran dan Khofifah diusulkan oleh siapa.

Demokrat sendiri, lanjutnya, akan memberikan pertimbangan dan masukan terkait cawapres Prabowo.

Meski demikian, Herzaky mengaku Demokrat tidak akan memaksakan kehendak.

“Tentu saja, bagi Partai Demokrat, Bapak Prabowo-lah yang akan memutuskan siapa cawapresnya nanti,” ujarnya.

Demokrat ingin cawapres pendamping Prabowo dapat memastikan hasil yang diinginkan oleh koalisi yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Bulan (PBB), Partai Garuda, dan Partai Gelora itu.

“Harapan kami, cawapres yang dipilih oleh Bapak Prabowo Subianto adalah orang yang tepat, dan membawa kemenangan bagi Koalisi Indonesia Maju,” tutup Herzaky.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Demokrat Ungkap 4 Nama Kandidat Cawapres Prabowo”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya