SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyapa warga pada kunjungan kerja di Selo, Boyolali, Senin (10/4/2023). (Biro Pers Setpres/Kris)

Solopos.com, JAKARTA – Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro mengatakan terdapat empat prestasi yang menyebabkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat tinggi hingga mencapai 82 persen.

Juri dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (4/5/2023), mengatakan prestasi pertama yakni kemampuan Presiden Jokowi mengendalikan berbagai masalah dan tantangan yang bersumber dari kondisi global maupun lokal, seperti persoalan ekonomi, perlindungan sosial, kesehatan, hingga penegakan hukum.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Kedua, Presiden Jokowi telah membangun Indonesia dengan perspektif Indonesia-sentris melalui pembangunan infrastruktur dan jalur-jalur konektivitas,” tutur dia.

Pembangunan dengan perspektif Indonesia-sentris itu, ujar dia, seperti pembangunan jalan tol, tol laut, hingga pemindahan ibu kota negara sehingga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru.

Prestasi ketiga yang mengungkit kepuasan publik, kata Juri, adalah profil Presiden Jokowi yang dianggap sebagai sosok pemberi harapan tentang masa depan dengan cita-cita Indonesia Maju yang merupakan keniscayaan.

Selanjutnya, kata dia, kemampuan Presiden Jokowi untuk melakukan rekonsiliasi dan memelihara kerukunan serta harmoni Indonesia sebagai negara yang sangat pluralis.

“Termasuk langkah dia merangkul lawan-lawan politiknya dan menyelesaikan konflik maupun kesalahan-kesalahan masa lalu,” ucap Juri.

Menurut dia, Presiden Jokowi telah meninggalkan warisan yang monumental, serta menjadi tonggak dan landasan yang kokoh untuk masa depan Indonesia.

Karena itu, seluruh komponen bangsa perlu membangun komitmen bersama untuk melanjutkan warisan tersebut pada periode-periode mendatang.

“Dalam konteks ini menjadi lumrah bagi Presiden untuk meminta komitmen para calon Presiden yang akan berlaga di 2024 untuk terus memperkuat usaha-usaha yang sudah dilakukan Presiden Jokowi ini,” imbuhnya.

Berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi mencapai 82 persen, dengan 12,3 persen di antaranya menyatakan sangat puas.

Menurut Juri, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencapai 82 persen merupakan rekor kepuasan tertinggi. Pencapaian ini, kata dia, membuktikan bahwa legitimasi Presiden Jokowi semakin kokoh.

“Apalagi pencapaian luar biasa ini terjadi saat Indonesia sebagai bangsa sedang menghadapi berbagai tantangan yang sangat kompleks, baik karena masalah global maupun lokal,” tuturnya.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya