SOLOPOS.COM - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri), calon presiden Ganjar Pranowo (dua kiri), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan), dan Plt. Ketua Umum PPP Mohamad Mardiono (kanan) berbincang saat pertemuan antara PDIP dan PPP di kantor PDI Perjuangan, Jakarta, Minggu (30/4/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi PDI Perjuangan

Solopos.com, JAKARTA — Survei Indikator Politik terbaru menemukan bahwa mayoritas konstituen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memilih bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan.

Hal tersebut ditemukan dalam simulasi tiga nama capres dengan elektabilitas tertinggi, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies, menurut pilihan partai. 

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Dalam simulasi tersebut, sebesar 47,7 persen konstituen PPP tercatat memilih mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“PPP [mayoritas konstituennya memilih] Anies. Ini jadi isu ya, karena PPP sudah memilih [Ganjar], tetapi konstituen PPP yang memilih Ganjar baru 25 persen,” jelas Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi pada pada rilis survei Peta Elektoral Pascadeklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP dan PPP, Kamis (18/5/2023), mengutip Antara.

Selain PPP, elektabilitas Anies berdasarkan pilihan partai paling banyak berada di partai-partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan yakni Demokrat (46,3 persen), NasDem (46 persen), serta PKS (53,9 persen).

Beberapa partai di luar Koalisi Perubahan selain PPP, juga menunjukkan basis pemilih Anies yang cukup besar. Misalnya, sebanyak 24,3 persen pemilih Golkar dan 25,1 pemilih PAN memilih Anies, atau terbesar setelah Prabowo.

Namun demikian, berdasarkan tren dukungan secara umum terhadap tiga nama bacapres, Anies tercatat memiliki elektabilitas terendah.

Dia hanya meraup suara sebesar 21,8 persen, atau lebih rendah dari Ganjar Pranowo 34,4 persen dan Prabowo Subianto 34,8 persen.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya