SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo memberikan sambutan dalam rapat konsolidasi Pilpres 2024 di GOR PKPSO Jember, Minggu (7/5/2023) sore. (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Solopos.com, LOMBOK TIMUR — Bakal calon presiden Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas 68 persen di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam survei yang digelar internal PDIP.

PDIP meyakini elektabilitas bakal calon presiden Ganjar Pranowo akan terus meningkat di NTB.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Para caleg PDIP diwajibkan memasang foto Ganjar di sebelah foto mereka yang terpampang pada baliho kampanye.

Bahkan efek ekor jas dari Ganjar Pranowo juga akan berpengaruh pada suara dan bakal calon legislatif dari PDIP di NTB pada Pemilu 2024.

“Dari hasil survei internal kita di PDIP, elektabilitas bakal calon presiden Ganjar Pranowo di NTB itu 68 persen,” kata Wakil Ketua DPD PDIP NTB Ruslan Turmudzi di sela-sela pendaftaran bakal calon legislatif DPRD NTB dari PDIP di Kantor KPU NTB di Mataram, Kamis (11/5/2023).

Anggota DPRD NTB ini menegaskan untuk memenangkan Ganjar Pranowo sesuai instruksi DPP PDIP, seluruh bakal calon legislatif diminta untuk bergerak mensosialisasikan nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu ke masyarakat.

Caranya, bakal caleg harus memasang foto Ganjar di sebelah foto mereka di setiap baliho.

“Setiap bakal calon legislatif harus pasang foto Ganjar di sebelah fotonya. Karena yang jelas target kita, Ganjar Pranowo ini harus jadi pemenang di NTB,” katanya.

Sowan Gus Muwafiq

Sebelumnya diberitakan, Ganjar Pranowo berkunjung ke kediaman ulama Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Sleman, D.I. Yogyakarta, Kamis (11/5/2023).

Kedatangan Gubernur Jawa Tengah itu untuk membahas terkait pencapresan Ganjar Pranowo.

“Kalau sama beliau (Gus Muwafiq), pasti bahas politik,” kata Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ganjar menjelaskan kunjungan itu dalam rangka syawalan. Menurut dia, banyak pembahasan yang diobrolkan dengan Gus Muwafiq.

Menurut Ganjar, Gus Muwafiq adalah sosok yang inspiratif dan peduli dengan kondisi sosial kemasyarakatan.

Selain itu, kata Ganjar, yang menarik dalam setiap sowan ke kediaman Gus Muwafiq adalah hidangan bebek klathak sebagai menu favorit Ganjar.

Ganjar mengaku hanya bisa menyantap bebek klathak dengan rasa yang khas saat berkunjung ke kediaman Gus Muwafiq dan tidak ada di tempat lain.

Sementara itu, Gus Muwafiq menyampaikan pesan kepada Ganjar yang akan maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

“Ya, pastilah (ngobrol politik), wong beliau calon presiden. Akan tetapi, ‘kan kalau politik urusan beliau, urusan ngaji ‘kan urusan saya,” kata Gus Muwafiq seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Adapun pesan yang disampaikan Gus Muwafiq untuk Ganjar Pranowo, yakni ketika kelak terpilih menjadi Presiden 2024 untuk tidak melupakan dan meninggalkan rakyat.

“Jangan lupa rakyatnya begitu saya bilang. Bahwa semua akan kembali kepada rakyat,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo juga sudah sowan kepada sejumlah ulama dan kiai, di antaranya pengasuh Pondok Pesantren Girikusumo K.H. Munif Zuhri atau Mbah Zuhri, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin K.H. Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, hingga ulama sekaligus anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Luthfi bin Yahya (Habib Lutfi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya