SOLOPOS.COM - Zainudin Amali mengantarkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) secara resmi kepada Menteri Sekretariat Negara Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara Jakarta pada Kamis (09/03/2023). (Antara).

Solopos.com, JAKARTAZainudin Amali berharap penggantinya yang akan menduduki jabatan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) secara definitif dapat melanjutkan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Khususnya di bidang olah raga kita punya Perpres No. 86/2021 dan Undang-undang Keolahragaan. Itu yang harus segera didorong, misalnya undang-undang perlu turunannya, PP [Peraturan Pemerintah] dan sebagainya, itu harus,” kata Zainudin Amali di gedung Kemensesneg Jakarta, Kamis (9/3/2023) lalu, dikutip dari Antara.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Hari itu Zainudin Amali secara resmi menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno karena Presiden Joko Widodo sedang melakukan kunjungan kerja keluar kota.

“Kemudian untuk Desain Besar Olahraga Nasional karena ini sudah jalan, harus didorong, dipicu lagi untuk implementasinya karena dari awal kita sepakat ini tidak sekadar Peraturan Presiden di atas kertas, tapi harus bisa diimplementasikan. Makanya ketuanya Pak Wapres langsung, anggotanya menteri-menteri, di provinsi ada gubernur kemudian bupati/walikota, itu saja yang dikerjakan,” sambung dia.

Kepada penggantinya yang bakal menduduki jabatan Menpora, Zainudin Amali mengingatkan terkait sejumlah kegiatan multievent yang akan berlangsung.

Event itu yakni SEA Games di Kamboja dan Asian Games di China pada 2023 serta Olimpiade di Paris, Prancis pada 2024.

“Tapi kualifikasi sudah jalan dari sekarang yakni untuk Olimpiade Paris 2024. Pekerjaan-pekerjaan ini sedang dikerjakan. Kami sudah rapat dengan tim review, kemungkinan kita akan kehilangan banyak medali karena banyak cabang olahraga saat kita menjadi juara umum di [SEA Games] Vietnam lalu tidak dimainkan [tahun ini], maka harus dicari penggantinya,” ulas Zainudin Amali.

Dia menyebut menjelaskan bahwa pemerintah tidak menjadikan SEA Games sebagai sasaran prestasi olahraga nasional.

“Insyaallah saya juga tetap memberi dukungan sepanjang Menpora [pengganti Zainudin Amali] minta masukan atau mengajak diskusi, pasti saya bantu karena secara emosional saya terlibat dari awal tentang DBON dan UU No. 11 tentang Keolahragaan. Saya juga masih di lingkungan yang sama,” ungkap Amali.

Politikus Golkar itu mengundurkan diri sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dia ingin fokus mengurus sepak bola Tanah Air.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk pengganti sementara Zainudin Amali untuk menjalankan tugas sebagai Menpora yang telah mengundurkan diri.

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.

Presiden Jokowi saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/4/2023), menyampaikan sejauh ini belum menentukan pengganti definitif Menpora Zainudin Amali.

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kami putuskan. Sekarang, [jabatan Menpora] sudah di-Plt-kan ke Pak Menko PMK,” kata Jokowi dikutip dari Antara.

Dengan demikian, kini publik menanti siapa yang bakal ditunjuk Presiden Jokowi sebagai pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya