SOLOPOS.COM - Muliaman D. Hadad (Bisnis)

Solopos.com, SOLO—-Mantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2012-2017, Muliaman Darmansyah Hadad ditunjuk menjadi ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2024-2029.

Penunjukan itu berdasarkan rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh anggota MWA UNS selama dua hari yaitu Rabu (20/3/2024) dan Kamis (21/3/2024). Rapat itu dilaksanakan dalam rangka membentuk struktur organisasi MWA UNS yang baru.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Dalam rapat koordinasi tersebut, Muliaman Darmansyah Hadad, yang merupakan wakil dari masyarakat terpilih menjadi Ketua MWA UNS.

Pria yang kini menjabat Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) itu tidak sendiri. Dia ditemani Mohammad Furqon Hidayatullah yang merupakan perwakilan Senat Akademik (SA) sebagai Wakil Ketua MWA UNS. Lalu Syamsul Hadi yang juga perwakilan dari SA Sebagai Sekretaris MWA UNS.

Nama Muliaman Darmansyah Hadad cukup harum di dunia bisnis dan perbankan. Dia berhasil menamatkan pendidikan di beberapa universitas ternama. Lalu kini juga menjabat posisi mentereng di sejumlah perusahaan.

Mengutip Bisnis.com, Jumat (22/3/2024), berdasarkan laman LinkedIn, Muliaman Hadad mengawali kariernya di Bank Indonesia setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1983.

Kemudian, dia pernah menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2006-2011 dan 2011-2012. Setelah selesai Muliaman menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas jasa Keuangan (OJK) pada 2012-2017.

Setahun berselang, pada 2018 Muliaman ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Duta Besar Indonesia untuk Swiss selama periode Februari 2018-Maret 2023.

Pria kelahiran Bekasi, 3 April 1960 itu memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi UI, dan mengambil gelar Master of Public Administration di Harvard University pada 1991.

Kemudian, Muliaman meraih gelar PhD atau doktor di bidang perbankan dan keuangan di Monash University, Australia pada 1996.

Muliaman menjabat komisaris di beberapa perusahaan. Dia menjabat Komisaris Independen di PT Astra International Tbk. (ASII) dan juga menjabat Komisaris Utama/Independen di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya