SOLOPOS.COM - Penampakan Ekor Pesawat Airasia (JIBI/Detik)

Ekor Airasia ditemukan di perairan Laut Jawa ternyata belum berhasil mengungkap lokasi black box.

Solopos.com, SOLO – Upaya pengangkatan ekor Airasia yang ditemukan hingga kini terus dilakukan tim penyelam TNI AL. Dilaporkan tidak ada kotak hitam atau black box di ekor pesawat yang ditemukan di perairan Laut Jawa itu.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Seperti dilansir Detik, Jumat (9//2015), Serka Oot Sudarma dalam laporannya ke Panglima TNI Jendral (TNI) Moeldoko di KRI Banda Aceh, memastikan tidak ada black box di ekor pesawat yang ditemukan.

Meski begitu, potensi penemuan black box di ekor pesawat masih terbuka. Oot menyebut ada bagian belakang ekor pesawat yang tidak dapat disusuri karena menancap ke pasir dan lumpur di dasar laut. Dia pun menyarankan agar ekor pesawat ditarik terlebih dahulu ke permukaan yang lebih tinggi sehingga tak ada lagi bagian yang tertutup lumpur.

Saat ini, tim penyelam sudah berhasil memasang tali dan tiga balon floating bag ke bagian ekor pesawat. Balon itu tinggal dikembangkan di dalam air untuk menarik ekor pesawat ke permukaan.

Terkait hal ini, Jenderal Moeldoko sendiri sempat khawatir black box pecah.

“Ada kekawatiran mungkin black box pecah, itu sedang diutamakan pencariannya. Untuk itu kita sedang upayakan menarik ekor ke atas permukaan,” ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko dikutip Solopos.com dari Liputan6.

“Dengan demikian, anak-anak [tim penyelam] mudah menyelam, itu perkembangan terakhir,” sambung Moeldoko.

Moeldoko menjelaskan, tim penyelam pertama yang dikerahkan sekitar pukul 06.00 WIB ini masih kesulitan mengobservasi kondisi ekor Airasia secara utuh. Begitu juga posisi black box.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya