SOLOPOS.COM - Tony Fernandez (Time)

Ekor Airasia ditemukan, Rabu (7/1/2015). CEO Airasia Tony Fernandes pun berkicau mengenai temuan ini.

Solopos.com, SOLO – Pencarian hari kesebelas oleh Basarnas dan TNI Angkatan Laut menemukan bagian ekor pesawat Airasia QZ8501 di dasar Selat Karimata. Rabu (7/1/2015). Chief Executive Officer (CEO) Airasia yakin black box terdapat pada bagian itu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

CEO Airasia Tony Fernandes kembali berkicau di Twitter. Dengan akun @tonyfernandes dirinya mengungkapkan bahwa black box pesawat terdapat pada bagian tersebut.

“Saya yakin bagian ekor sudah ditemukan. Jika memang benar, seharusnya black box juga terdapat pada bagian tersebut,” kicau Fernandes. Rabu (7/1/2015).

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh investigator keselamatan udara dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Toos Sanitiyoso. Dirinya menerangkan KNKT nantinya akan bertugas mengangkat black box tersebut.

“Basarnas bertugas mencari lokasi tubuh pesawat QZ8501. Ketika lokasi sudah ditemukan, KNKT akan mencari black box pada bagian ekor pesawat,” ujar Sanitiyoso pada konferensi pers di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah yang disiarkan stasiun televisi TV One. Rabu (7/1/2015)

Lebih lanjut, Sanitiyoso juga menjelaskan sebagian besar pesawat komersial yang beroperasi di Indonesia memiliki black box yang terletak di bagian ekor pesawat. Isi dari black box tersebut adalah flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR).

Dengan ditemukannya black box, maka seluruh informasi dari FDR dan CVR pada pesawat Airasia QZ8501 dapat terungkap. FDR mencatat seluruh informasi mengenai kondisi pesawat seperti status bahan bakar, komunikasi dengan air trafic control (ATC), kerusakan yang terjadi, cuaca hingga kecepatan angin. Sedangkan CVR merekam seluruh percakapan pilot selama penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya