SOLOPOS.COM - Warga memilih barang belanjaan melalui situs belanja daring di Jakarta, Minggu (6/2/2022). Bank Indonesia memproyeksikan transaksi e-commerce menembus Rp526 triliun pada 2022 atau meningkat 31,2% dari capaian tahun 2021 yang senilai Rp401 triliun. (Antara/Aprillio Akbar)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Indonesia berkomitmen mendorong pembangunan infrastruktur digital hilir (downstream information and communication techynology infrastructure) dengan teknologi cloud computing agar infrastruktur digital dapat dimanfaatkan untuk mendukung investasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan momentum keketuaan Indonesia di G20 pada 2022 ini menjadi kesempatan bersejarah bagi Indonesia menjadi bagian yang menentukan arah perkembangan ekonomi digital global.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“[Terlibat penuh] dalam memantapkan posisi strategis menavigasi arah perkembangan lanskap perekonomian digital dunia,” kata Johnny saat memberikan sambutan dalam kick off meeting Digital Economy Working Group di Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022), seperti disampaikan melalui siaran pers yang diakses Solopos.com pada Kamis (17/3/2022). Penjelasan lengkap tersaji di Cloud Computing di Hilir untuk Wujudkan Lompatan Ekonomi Digital.

Sepanjang 2021, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp114 triliun. Penyelamatan uang negara itu dari proses sertifikasi bidang aset negara dan menjadi menyumbang setoran terbesar dengan Rp52,71 triliun.

Hal itu, disampaikan pimpinan KPK dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR-RI, di Kompleks Gedung Parlemen, Rabu (26/1/2022). Data lengkap bisa dibaca di Sertifikasi Aset Mampu Selamatkan Uang Negara Hingga Rp52,71 Triliun.

Peristiwa orang lanjut usia meninggal di rumah sendirian adalah kasus yang kesekian kali terjadi di perkotaan. Salah satunya terjadi di Kota Solo beberapa hari lalu. Peningkatan kasus ini berbanding lurus dengan peningkatan jumlah warga lansia di Indonesia.

Berdasarkan rilis kemenkopmk.go.id, jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 sebanyak 16,07 juta jiwa (5,95%). Jumlah tersebut ditaksir bakal meningkat seiring peningkatan kualitas hidup masyarakat yang tercermin dari peningkatan usia harapan hidup penduduk Indonesia. Duduk perkara bisa dibaca di Kasus Berulang Orang Lansia Meninggal di Rumah Sendirian.

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) adalah kucing besar terakhir yang ada di pulau Jawa setelah Harimau Jawa dinyatakan punah pada 1980an. Satwa ini merupakan salah satu satwa dilindungi di Indonesia dan secara global digolongkan ke dalam kelompok yang kritis punah (Critically Endangered) dalam daftar merah IUCN, satu tingkat menuju kepunahan.

Mengutip laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, arahan pengelolaan satwa tersebut telah disusun dalam dokumen Strategi dan Rencana Aksi Konsevasi (SRAK) Macan Tutul Jawa periode 2016-2026 melalui Peraturan Menteri LHK NOMOR P.56/Menlhk/Kum.1/2016. Sebaran Macan Tutul Jawa mulai dari Provinsi Banten hingga kawasan TN Alas Purwo, Jawa Timur. Penjelasan lengkap tersaji di Berbagai Upaya Selamatkan Macan Tutul Jawa.

Sedikitnya kini ada 1.500 papan reklame luar ruang yang tidak berizin atau ilegal terpasang di sepanjang jalan provinsi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Problem sampah visual dan pendapatan asli daerah berkelindan.

Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DIY tak mampu berbuat banyak. Penertiban rangka dan papan reklame tersebut butuh anggaran besar. Peraturan Daerah Provinsi DIY Nomor 6 Tahun 20217 tentang Penggunaan dan Pemanfaatan Bagian Jalan Provinsi belum diturunkan dalam regulasi pelaksana berbentuk peraturan gubernur. Penjelasan lengkap bisa dibaca di 1.500 Reklame Ilegal di Yogyakarta dan Problem Sampah Visual.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya