SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Roadmap (Peta Jalan) Penelitian, Rabu (21/2/2024), di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Roadmap (Peta Jalan) Penelitian, Rabu (21/2/2024) di Balairung Universitas.

Sebelumnya, UKSW telah sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2024.

Kegiatan Bimtek Penyusunan Roadmap diselenggarakan oleh Kantor Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UKSW.

Guru Besar Bidang Kecerdasan Buatan Telkom University Prof. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc., menjadi narasumber tunggal dalam kegiatan. Bimtek diikuti oleh sedikitnya 90 pejabat fakultas yang terdiri dari Koordinator Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK) fakultas, Ketua Program Studi (Kaprodi), dan Wakil Dekan serta Dekan.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini diadakan untuk mempelajari strategi menyusun roadmap penelitian yang merupakan salah satu fondasi Rencana Induk Penelitian (RIP) yang selaras dengan visi dan misi pimpinan.

“Tahun ini kita akan menata ulang roadmap supaya dapat terukur dari tahun ke tahun. Selanjutnya, kita akan mengevaluasi dan memperbaikinya sehingga akselerasi riset dan pengabdian masyarakat menjadi lebih cepat dan tepat sasaran,” terangnya dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (27/2/2024).

Empat Kiat

Sementara itu, Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom., menuturkan dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat dihasilkan roadmap yang tepat. Dengan roadmap yang tepat, penelitian yang dihasilkan juga diharapkan memiliki luaran yang jelas dan memberikan kontribusi pada permasalahan nasional dan internasional.

Disebutkan Kristoko, selain bimtek penyusunan roadmap, berbagai upaya telah dilakukan UKSW untuk mendorong jumlah proposal lolos pendanaan Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Tahun 2024.

“Upaya-upaya yang telah dilakukan UKSW di antaranya mengadakan bimtek proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pendampingan, fasilitas pendanaan internal dengan pengajuan proposal, serta intensif publikasi,” bebernya.

Sementara itu, dalam paparan materinya, Prof. Suyanto yang merupakan guru besar dengan produktivitas yang tinggi di masa pandemi dapat menghasilkan puluhan jurnal terindeks scopus serta memperoleh berbagai paten dan hak cipta ini menuturkan empat kiat utamanya dalam publikasi.

“Empat kiat itu adalah roadmap, team, time, dan juga tools,” bebernya.

Penulis buku dan juga novel ini juga mengungkapkan roadmap yang benar tidak selalu mengikuti kesenangan, minat, dan passion tetapi untuk menjawab permasalahan tertentu.

Roadmap yang benar juga harus memberikan dampak yang besar bagi masyarakat dan mempunyai arah dan target yang jelas, serta mengacu pada renstra institusi.

Dalam kesempatan ini, sejumlah fakultas turut memaparkan roadmap yang telah dibuat untuk kemudian diulas oleh narasumber.

Adapun lanjutan dari Bimtek ini, DRPM menggelar Bimtek Proposal Penelitian DRTPM 2024 khusus bagi Rumpun Sosial dan Humaniora, pada Kamis, (22/02/2024).

Paparan materi mengenai Sosialisasi Panduan Pengabdian kepada Masyarakat Pendanaan DRTPM Tahun 2024 (Rumpun SosHum) dan Strategi Lolos Pendanaan DRTPM dibawakan oleh Dr. Victor Imanuel W. Nalle, S.H., M.H.

Rekomendasi
Berita Lainnya