SOLOPOS.COM - Ketua MK Anwar Usman saat memimpin sidang putusan uji materi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/10/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Solopos.com, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) percaya Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) akan memberi keputusan terbaik dalam sidang dugaan pelanggaran etik hakim MK dalam menangani perkara batas usia capres-cawapres.

MKMK sendiri sudah menjadwalkan akan membacakan putusan dugaan pelanggaran etik ini pada Selasa (7/11/2023) pekan depan. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun yakin MKMK dapat mengadili Ketua MK Anwar Usman dan delapan koleganya yang lain dengan sebagaimana semestinya. “Maka kami percayakan sepenuhnya pada Mahkamah etik [MKMK] untuk mengambil keputusan terbaik demi keadilan,” jelas Hasto di Stadion Utama GBK, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023) malam.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Apalagi putusan nomor 90/PUU-XXI/2023 yang memuluskan jalan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, menjadi cawapres Prabowo Subianto itu sudah mencoreng nama MK. Oleh sebab itu, Hasto ingin MKMK mengembalikan kepercayaan masyarakat lewat putusannya.

“MK itu adalah benteng demokrasi sehingga tidak boleh dikebiri, tidak boleh ada manipulasi, tidak boleh hanya karena hubungan kekeluargaan kemudian hukum dikorbankan,” ujarnya. Dia mengakui Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie pernah menyatakan dukung Prabowo Subianto dalam ajang pilpres. Meski demikian, dia berpendapat Jimly akan tetap kedepankan sikap kenegarawanannya.

Hasto ingatkan pentingnya para wasit yang menangani perkara pemilu bertindak netral. Netralitas wasit, lanjutnya, merupakan prasyarat pemilu yang adil. “Yakin dengarkan suara rakyat, itu yang paling baik. Dengarkan suara rakyat sehingga pemilu berjalan secara demokratis, tanpa intimidasi, berlangsung secara jurdil [jujur-adil] dan demokratis,” tutup Hasto.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dugaan Pelanggaran Etik Anwar Usman Cs, PDIP Percaya MKMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya