SOLOPOS.COM - Massa aksi 313 di Bundaran Patung Kuda, Jakarta, Jumat (31/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Al Khattath dan 4 tersangka dugaan makar lainnya diduga merencanakan aksi besar di 5 kota serentak.

Solopos.com, JAKARTA — Penyidik Polda Metro Jaya mengungkapkan lima tersangka dugaan upaya makar berencana menggelar aksi unjuk rasa di lima kota besar di Indonesia. Sebelumnya, polisi menyebutkan adanya rencana aksi yang disebut revolusi seusai Pilkada Jakartan putaran kedua.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Kegiatannya tidak hanya di Jakarta, jadi harus serentak pada lima kota,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Argo menyebutkan para aktivis itu akan menggelar aksi besar pada lima kota meliputi Makassar, Surabaya, Jogja, Bandung, dan DKI Jakarta. Argo menjelaskan kelima tersangka yakni Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath, Zainudin Arsyad, Irwansrah, Veddrik Nugraha alias Dikho, dan Marad Fachri Said alias Andre, melakukan dua kali pertemuan di Kalibata, Jakarta Selatan; dan Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan prarekonstruksi, menurut Argo, terungkap ada pertemuan yang membahas pemufakatan jahat terhadap pemerintahan sah dengan menduduki Gedung DPR/MPR pada 19 April 2017. Selanjutnya, kelompok itu mengagendakan aksi demo lebih besar mulai 19 April 2017 hingga menjelang Ramadan yang digelar secara serentak pada lima kota.
Baca juga: Aksi 313 Cuma Pemanasan, Ini Grand Design “Revolusi” Seusai Pilkada Jakarta.

Selain menggelar prarekonstruksi, Argo menyebutkan penyidik telah mengembangkan penyelidikan dengan memeriksa saksi, saksi ahli pidana, ahli bahasa, dan ahli politik. Argo juga menjelaskan informasi dana Rp3 miliar yang dibutuhkan untuk menggelar rangkaian aksi besar tersebut menjadi materi pembahasan pada pertemuan tersebut. Baca juga: Tersangka Makar Butuh Rp3 Miliar untuk Gulingkan Jokowi.

“Agar tidak salah dan ada kesimpangsiuran ada pointer menyediakan rapat, uang, akan ada menduduki DPR jadi ini masih dalam perencanaan di situ,” ujar Argo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya