SOLOPOS.COM - Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM KM 150, Mekarjaya, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). (Antara/Aprillio Akbar)

Solopos.com, JAKARTA — Kepolisian melaporkan adanya 195 kecelakaan yang terjadi selama dua hari dilakukannya Operasi Ketupat 2024.

Dari jumlah kecelakaan tersebut terdapat 25 korban yang meninggal dunia saat hendak melakukan mudik. Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol., Yusri Yunus mengatakan dari jumlah korban tersebut rata-rata ada 12 warga yang meninggal dunia dalam perjalanan menuju kampung halamannya.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Sudah 25 orang [meninggal] yang kalau kita hitung per hari rata-rata 12 orang meninggal. Kasihan mau pergi lebaran ke kampung halaman malah selesai. Nah, ini yang harus kita antisipasi,” katanya di Jakarta, Sabtu (6/4/2024), dilansir Bisnis.com.

Dia pun belum bisa menjelaskan lebih rinci terkait lokasi kecelakaan yang berujung maut bagi 25 warga tersebut. Hal ini lantaran laporan tersebut baru saja diperoleh pada pagi ini.

Sebagai informasi, operasi kemanusiaan atau Operasi Ketupat 2024 mulai 4 April 2024 atau H-7 Hari Raya Idulfitri 1445 H.

“Nanti untuk data pastinya kita berikan setelah evaluasi,” tuturnya.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memprediksikan masyarakat yang melaksanakan mudik pada tahun ini mencapai 193,6 juta orang.

Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito menilai bahwa angka 193,6 juta orang itu adalah angka yang cukup tinggi.

Sebab, pada momentum mudik tahun lalu, hanya ada 123,8 juta orang yang melakukan mudik.

“Jadi jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini diperkirakan mencapai 71,7% atau sebanyak 193,6 juta orang. Angka ini meningkat dibanding mudik lebaran tahun 2023 yakni 123,8 juta orang,” tuturnya di Jakarta, Minggu (17/3/2024).

Menurutnya, puncak arus mudik tahun 2024 diprediksi akan terjadi pada 5-7 April 2024, sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada 14-16 April 2024.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Hati-Hati! Polri Catat Mudik Lebaran Sudah Telan 25 Korban Jiwa”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya