SOLOPOS.COM - Gunung Marapi menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Nagari Lasi, Agam, Sumatera Barat, Minggu (3/12/2023). (Antara/Septiyadi)

Solopos.com, BUKITTINGGI — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono, menyatakan ada dua anggota polisi Polda Sumbar yang turut menjadi korban erupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12/2023).

“Saya nyatakan ada, memag ada dan polisi kan manusia juga, mungkin ingin liburan juga,” kata Kapolda Sumbar di Bukittinggi, Selasa (5/12/2023).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumbar saat meninjau lokasi identifikasi korban erupsi Gunung Marapi di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi. Kapolda menyebutkan dua anggota polisi yang menjadi korban erupsi gunung dengan ketinggian 2.982 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu bertugas di Direktorat Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polda Sumbar.

Keduanya berangkat mendaki Gunung Marapi tanpa izin langsung dari pimpinan. “Saya tidak tahu berangkatnya kapan, tapi yang pasti itu Sabtu [2/12/2023] malam Minggu. Jadi, ini mungkin mengambil waktu libur,” ujarnya.

Jenderal polisi bintang dua itu menduga kedua personel polisi tersebut naik Gunung Marapi dalam kondisi lepas dinas. Hal itu dikarenakan erupsi terjadi pada Minggu.

Kedua anggota Polda Sumbar yang jadi korban erupsi Gunung Marapi itu diperkirakan melakukan pendakian pada Sabtu.

Mengenai kondisi kedua korban, Irjen Suharyono mengatakan satu anggota polisi berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dan sempat mendapatkan perawatan intensif hingga diizinkan kembali ke rumah. Sedangkan satu anggota polisi lainnya hingga kini masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

“Yang jelas, orang tua dari anggota tersebut saat ini masih menunggu di rumah sakit,” katanya.

Kapolda meminta masyarakat turut mendoakan para korban yang belum ditemukan, termasuk satu personel dari Polda Sumbar.

Sebelumnya, Polda Sumatra Barat telah mendirikan posko Disaster Victim Identification (DVI) di Kantor Wali Nagari Batu Palamo Kabupaten Agam untuk membantu para korban yang terdampak erupsi Gunung Marapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya