SOLOPOS.COM - Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan kepada media terkait penetapan tersangka kasus dugaan korupsi liquefied natural gas (LNG) atau gas alam cair di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (19/9/2023). (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri selesai diperiksa di Bareskrim Polri sekitar lima jam. 

Kedatangan Firli di Bareskrim Polri dikonfirmasi langsung oleh Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipkor) Arief Adiharsa pada pukul 09.28 WIB.  

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Saat ini sudah hadir dan dalam proses dimintai keterangan di lantai 6 ruang pemeriksaan Dittipidkor,” kata Arief kepada wartawan, dilansir Bisnis.com. 

Berdasarkan pantauan di lokasi pukul 14.36 WIB, Firli keluar menggunakan mobil hitam dari brand asal Korea Selatan, Hyundai dengan nomor Polisi B 1917 TJQ. 

Saat dihampiri awak media, Firli menutupi dirinya dengan tas berwarna hitam seperti bersembunyi. Setelah melewati plang keluar Mabes Polri, mobil yang membawa Firli langsung melesat meninggalkan lokasi. 

Di sisi lain, Kapolda Metro Jaya Karyoto juga hadir di Bareskrim Polri pada pukul 13.16 WIB. 

Kehadiran, mantan penyidik lembaga antirasuah ini bertepatan dengan pemeriksaan Firli atas dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Kementerian Pertanian. Namun, alasan Karyoto ke Bareskrim masih belum diketahui.  

Sebagai informasi, kasus ini bermula dari aduan masyarakat pada (12/9/2023). Selanjutnya, pada (7/10/2023) setelah menjalankan proses penyelidikan mulai dari klarifikasi hingga pengumpulan alat bukti. 

Hingga Senin (13/11/2024) Polda Metro Jaya telah memeriksa total 86 saksi dalam kasus pemerasan pimpinan KPK di Kementan di antaranya Ketua KPK Firli Bahuri, mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, ajudan Firli Bahuri bernama Kevin Egananta. 

Kemudian, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Direktur Dumas KPK Tomi Murtomo hingga dua orang eks pimpinan KPK Saut Situmorang dan M Jasin juga turut diperiksa.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Drama Ketua KPK Firli Bahuri Diperiksa Lima Jam di Bareskrim Polri”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya