SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–DPR dalam Rapat Paripurna mengumumkan Komjen Pol Timur Pradopo menjadi calon tunggal Kapolri besutan Presiden SBY. Dengan demikian, maka Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri akan segera meninggalkan kursi Kapolri.

“Seusai kesepakatan pimpinan dan kita juga baru menerima surat Presiden kemarin malam yang salah satunya adalah menetapkan calon Kapolri Komjen Pol Timur Pradopo sebagai calon tunggal yang diajukan Presiden,” ujar Wakil Ketua DPR Pramono Anung.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pramono Anung bertindak sebagai pimpinan rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/10/2010). Dalam rapat tersebut, tidak ada protes atas usulan Kapolri dari SBY itu.

Rapat dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Pihak pemerintah diwakili Menkum HAM Patrialis Akbar. Anggota DPR yang hadir berjumlah 298 orang.

“Sehubungan dengan itu, artinya Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun dan kami memberhentikan Bambang Hendarso Danuri sebagai Kapolri yang kemudian digantikan oleh Komjen Timur Pradopo yang menjabat Kabaharkam Polri,” imbuh Pramono.

Atas usulan SBY, DPR akan melakukan fit and proper test dalam waktu dekat. “Untuk diumumkan kepada seluruh fraksi yang kemudian akan dibawa ke Bamus, dan kemudian akan dilakukan fit and proper test oleh Komisi III,” kata politisi PDIP itu.

Selain menyampaikan pencalonan Timur, rapat paripurna hari ini juga mengagendakan pengambilan keputusan terhadap RUU Tindak Pidana Pencucian Uang. Rapat kemudian dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Ketua DPR Marzuki Alie dalam keterangan pers di Gedung DPR, Senin (4/10) kemarin menyatakan, Presiden SBY telah mencalonkan Timur Pradopo sebagai calon tunggal Kapolri. Pilihan SBY ini akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR hari ini.

Terpilihnya mantan Kapolda Metro Jaya ini cuma beberapa jam saja setelah Timur mendapatkan kenaikan pangkat dan menduduki posisi baru sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan pada Senin (4/10) kemarin.

Timur Pradopo lahir di Jombang, Jatim, 10 Januari 1956. Dia merupakan lulusan Akpol 1978. Dia pernah menjadi Kapolres Jakarta Barat pada 1997-1999 saat peristiwa Trisakti dan Semanggi meletus, Kapolres  Jakarta Pusat (1999-2000), dan Kapolwiltabes Bandung  (2001) serta menjadi Kapolda Banten, Kapolda Jabar dan terakhir Kapolda Metro Jaya.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya