SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Detikcom)

Jakarta (Solopos.com)–Rombongan Ketua DPR Marzuki Alie menyepakati sejumlah kesepakatan dengan Pemerintah Irak. Utamanya memastikan rencana impor minyak dari Irak.

Marzuki mengadakan pertemuan dengan Menteri Perminyakan Irak secara tertutup. Hasilnya, Irak sepakat segera mengirim minyak mentahnya ke Indonesia.

“Berkaitan dengan minyak mentah, pemerintah Irak sangat mendukung dan siap membantu Indonesia apabila ingin kembali mengadakan kerjasama di bidang tersebut,” jelas Menteri Perminyakan Republik Irak HE Abdul Kareen Luaibi, dalam pertemuan tersebut, seperti siaran pers resmi DPR, Kamis (5/5/2011).

Dia mengusulkan, Pemerintah Indonesia segera berkunjung ke Irak dalam rangka mengembangkan sektor minyak antar kedua negara secepatnya. Sehingga kerjasama energi ini bisa segera dimulai untuk jangka waktu yang lama.

“Biasanya kontrak minyak di Irak berlangsung setiap tahun dan kami siap kapan saja membuat kerjasama dengan Indonesia,” lanjutnya.

Namun Irak belum bersedia mengekspor gas elpiji. Alasannya, Irak tengah memenuhi kebutuhan gas lokal.

(Detikcom/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya