SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–DPR melalui Komisi XI akhirnya merestui PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melakukan penawaran umum saham terbatas (right issue) dengan nilai maksimum Rp 14 triliun. Sebelumnya, PT BNI (Persero) Tbk lebih dulu mengantongi ijn DPR.

“Sebagai negara terbesar di ASEAN, RI layak punya bank yang bisa bersaing di tingkat regional. Untuk meningkatkan persaingan itu Bank Mandiri harus mampu menjadi lima besar di Asean di 2014. Sehingga butuh penguatan Rasio Kecukupan Modal,” ujar Wakil Ketua Komisi XI, Achsanul Qasasi di Jakarta, Jumat (24/9).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Achsanul mengatakan Komisi XI mendukung penuh Business Plan sampai 2014 itu. “Salah satunya dengan memberikan persetujuan prinsip pada corporate plan Bank Mandiri untuk menggelar rights issue,” tambahnya.

Lebih jauh Achsanul menyatakan, Bank Mandiri berencana menggelar rights issue sebesar 2,3 milyar lembar saham. Dimana nantinya kepemilikan saham pemerintah berkurang menjadi 60% dan publik 40%. “Rights issue diharapkan dapat memberi tambahan modal minimum Rp 12 triliun dan CAR terjaga di level 14%-15% sampai 2014. Tapi tetap menjaga portfolio kredit terbesar sektor Industri,” urainya.

dtc/try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya