SOLOPOS.COM - SMPN 5 Solo di Jl. Diponegoro Solo, Jumat (23/2/2018). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

DPKS Solo mendukung pemindahan SMPN 5 Solo ke Mojosongo.

Solopos.com, SOLO – Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) mendukung kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memindahkan SMPN 5 Solo yang kini berada di Jl. Diponegoro, Kecamatan Banjarsari, ke wilayah Mojosongo, Kecamatan Jebres.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Ketua DPKS, Joko Riyanto, mengatakan pemindahan tersebut untuk kepentingan jangka panjang yakni pemerataan pendidikan. “Kami sepakat kebijakan Pemkot Solo memindahkan SMPN 5 karena ini untuk jangka panjang,” katanya kepada , Jumat (2/3/2018).

Pemkot Solo, lanjut dia, telah melakukan kajian secara menyeluruh sebelum mengambil langkah memindahkan SMPN 5. DPKS, sambung Joko, pernah diajak rembukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Solo tentang penataan sekolah, termasuk pemindahan SMPN 5.

“Untuk dibatalkan pemindahan SMPN 5 sulit karena Pemkot sudah melakukan kajian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Joko, mengatakan Pemkot dan Disdik agar segera melakukan sosialisi pemindahan tersebut kepada para orang tua siswa dan komite sekolah. Sosialisi ini penting agar tidak menimbulkan simpang siur informasi yang dapat membuat resah orang tua siswa.

“Orang tua siswa agar tidak kaget dan bisa memahami kebijakan pemindahan SMPN 5,” imbuhnya. (baca: SMPN 5 Solo Dipindah ke Mojosongo, Orang Tua Siswa Merasa Dizalimi)

Untuk transportasi ke lokasi SMPN 5 yang baru di Mojosongo, Joko, menyarankan agar Pemkot menyediakan angkutan kota (angkuta).

Adanya angkuta dengan rute Mojosongo akan membantu siswa yang rumahnya jauh dari sekolah serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan.

“Kalau bus terlalu lama, cocoknya angkuta Batik yang ada rutenya ada yang diarahkan ke SMPN 5 di Mojosongo,” katanya.

Seperti diketahui, pemindahan SMPN 5 Solo ke Mojosongo, Jebres akan dilakukan pada Penerimaan Peserta Didik Baru [PPDB] 2018. Kepala Disdik Solo, Etty Retnowati, mengatakan bila ada orang tua siswa keberatan dan menolak pemindahan SMPN 5 agar bertanya ke Pemkot Solo. (baca pula: Orang Tua Siswa Keberatan SMPN 5 Dipindah Ke Mojosongo)

“Pemindahan SMPN 5 kewenangan Pemkot Solo. Kalau keberatan tanya saja kepada Pak Wali [Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo] yang akan menjelaskan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya