SOLOPOS.COM - Motor ilustrasi (universalforum.info)

Motor ilustrasi (universalforum.info)

JOGJA—Kenaikan uang muka kredit (down payment/DP) kendaraan bermotor untuk lembaga multifinance atau leasing sebesar 20% dinilai tak akan berpengaruh signifikan pada penurunan kredit.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Marketing Manager Federal International Finance (FIF) Jogja, Roy Paham Manurung mengatakan, penurunan kredit kendaraan di lembaganya diprediksi hanya sebesar 15-20%. Sebab menurutnya, bila melihat posisi kredit saat ini, konsumen yang memakai uang muka di bawah 20% hanya sekitar 25-30%.

“Sisanya di atas 20 persen, jadi sebenarnya tidak terlalu banyak. Meski memang diprediksi tetap mengalami penurunan 15-20 persen,” katanya.

DP baru kendaraan bermotor roda dua sedianya berlaku mulai 15 Juni mendatang. Kendati demikian menurut Roy, saat ini pihaknya tak perlu memasifkan sosialisasi kredit dengan alasan mumpung masih bisa menggunakan DP di bawah 20 persen sebelum Juni nanti.

“Kami juga harus menjaga faktor risiko, jadi memang tidak harus demikian,” tuturnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya