SOLOPOS.COM - Kegiatan bertajuk Temu Alumni Pendidikan Matematika Sharing International Experience diselenggarakan dengan menggandeng dua alumni dan satu mahasiswa untuk berbagi pengalamannya dalam kegiatan internasional di UKSW. (Istimewa/UKSW Salatiga).

Solopos.com, SALATIGA — Momen nostalgia penuh inspirasi kembali menghiasi ruang perkuliahan Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga belum lama ini.

Kegiatan bertajuk Temu Alumni Pendidikan Matematika Sharing International Experience diselenggarakan dengan menggandeng dua alumni dan satu mahasiswa untuk berbagi pengalamannya dalam kegiatan internasional di UKSW.

Pada kesempatan tersebut, alumni Pendidikan Matematika Rossa Mery C., M.Pd., dan Jurischa Yordan Here, S.Pd., menceritakan pengalaman mereka saat mengikuti kegiatan internasional di UKSW.

Rossa Mery menceritakan pengalamannya saat menjadi peserta Global Education Experiences (GloBEEs), dan Jurischa Yordan menceritakan pengalamannya menjadi anggota Voice of SWCU 2012-2015.

GlobEEs merupakan salah satu program internasional UKSW yang terselenggara atas kerja sama antara UKSW dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Chang Jung Christian University (CJCU) Taiwan.

Melalui Program GlobEEs, Rossa Merry mendapatkan pengalaman belajar budaya melalui berbagai kegiatan. GlobEEs sendiri menjadi agenda tahunan yang  digelar secara bergantian antara Indonesia dan Taiwan sebagai tuan rumah.

Tak hanya itu, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fransisca Isa Narela juga membagikan cerita selama menjadi peserta East Asia Student Encounter (EASE).

Program internasional tersebut merupakan bentuk kerja sama antara UKSW dan Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang yang dimulai sejak tahun 1977.

Kegiatan ini memiliki mengusung program pertukaran bahasa dan budaya selama dua pekan. Tujuannya yakni membangun jejaring dengan mahasiswa luar negeri dan mengembangkan pemahaman dan toleransi serta membentuk mahasiswa untuk menjadi Global Citizen.

Cerita yang sangat menarik dan inspiratif tersebut diterima dengan penuh antusias oleh peserta yang terdiri atas 5 dosen dan 100 mahasiswa.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika FKIP UKSW Danang Setyadi, M.Pd. juga turut hadir dan mendukung kegiatan tersebut.

Memotivasi mahasiswa

Menurutnya, keterlibatan aktif mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UKSW dalam kegiatan internasional merupakan salah satu indikator yang dilihat untuk menentukan kualitas prodi.

Terdapat banyak alumni yang pernah terlibat dalam kegiatan internasional sehingga prodi perlu mengundang mereka menjadi narasumber sehingga dapat memotivasi mahasiswa.

“Kegiatan temu alumni kali ini bertujuan agar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika termotivasi untuk mengikuti kegiatan di aras internasional. Harapannya, tahun depan terdapat beberapa mahasiswa yang akan terlibat di kegiatan-kegiatan tersebut. Prodi selalu siap untuk memberikan dukungan termasuk dana bagi mahasiswa,” tuturnya.

Sharing International Experience merupakan bagian dari inisiatif Prodi Pendidikan Matematika untuk menyediakan informasi tentang beragam kegiatan internasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa, seperti program EASE, GlobEEs, dan lainnya.

Para narasumber membagikan pengalaman mereka terkait kegiatan-kegiatan tersebut, termasuk aspek pembiayaan yang perlu dipertimbangkan, bantuan keuangan dari prodi atau fakultas, serta manfaat yang diperoleh dari pengalaman internasional tersebut.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan mahasiswa semakin termotivasi untuk meraih pengalaman internasional yang dapat memberikan nilai tambah bagi perkembangan akademik dan profesional mereka.

Rekomendasi
Berita Lainnya