SOLOPOS.COM - Donald Trump (Washingtonpost)

Untuk ke sekian kalinya, Trump, menyentil pabrikan otomotif harus membuat pabrik di AS.

Solopos.com, WASHINGTON — Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Minggu (15/1/2017) bahwa para produsen mobil Amerika harus memulai perakitan kendaraan bermotor di AS jika mereka ingin berbisnis di negara itu.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Perusahaan-perusahaan mobil dan lainnya, jika mereka ingin melakukan bisnis di negara kami, harus mulai membuat semuanya lagi di sini, WIN!” tulis Trump dalam tweet-nya seperti dikutip Senin (16/1/2017).

Beberapa produsen mobil memutuskan untuk meningkatkan investasinya di Amerika Serikat setelah terpilihnya Trump sebagai presiden, sementara Ford beberapa waktu lalu mengatakan akan membatalkan investasinya di Meksiko setelah dikritik sang presiden.

Sebelumnya, pernyataan Donald Trump sempat membuatnya berpolemik dengan produsen otomotif Toyota. Menteri Perdagangan Jepang Hiroshige Seko sampai harus menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan Negaranya harus dan akan meningkatkan kontribusi dalam penyediaan lapangan kerja di Amerika Serikat.

Pernyataan itu disampaikan Seko usai menghadiri pertemuan kabinet di Tokyo pada Jumat (6/1/2017). Menurut dia, seperti dikutip dari Reuters, penting bagi industri automotif Jepang untuk berkontribusi dalam menguatkan perekonomian AS.

Hal serupa disampaikan Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga. Dalam konferensi pers, ia mengungkapkan bahwa Toyota Motor merupakan perusahaan penting di AS. Kontribusi perusahaan terhadap negara itu merupakan hal penting.

Pernyataan-pernyataan itu disampaikan terkait cuitan Presiden AS terpilih Donald Trump yang akan memberlakukan pajak tinggi bagi mobil-mobil Toyota yang diproduksi di Meksiko. Produsen automotif terbesar di dunia itu berencana membangun pabrik baru di Meksiko untuk memproduksi model Corolla mulai 2019.

Sebelumnya Trump juga mengancam General Motors terkait pembangunan pabrik baru juga di Meksiko. Pabrik tersebut akan memproduksi Chevrolet Cruz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya