SOLOPOS.COM - Dodit Comic dirawat di RS Kasih Ibu Solo, Sabtu (17/1/2015(. (Istimewa/Achmad Syukri P/Manajer Event The Park Mall Solo Baru)

Dodit Comic kena serangan jantung beberapa waktu lalu. Sekitar dua pekan Dodit di rawat di RS Solo.

Solopos.com, SOLO — Stand up comedian Dodit Mulyanto sudah diperbolehkan pulang ke kampung halamannya di Blitar, Jawa Timur, Minggu (1/2/2015). Pascaoperasi Dodit diminta dokter untuk beristiraht total.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Sebelum pulang ke kampung kelahirannya itu, Dodit sempat mampir sejenak bersama sanak familinya ke rumah dinas Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, di Jl. Perintis Kemerdekaan, Sragen.

Saat berbincang dengan Solopos.com melalui telepon, Senin (2/2/2015) pagi, Bambang mengatakan saat masih kuliah, Dodit adalah kawan lama saat dulu masih sama-sama mengelola event organizer (EO). Oleh sebab itu sebelum pulang ke Blitar, Dodit menyempatkan diri bertandang ke rumah Bambang.

Dodit tiba di rumah Bambang sekira pukul 13.00 WIB bersama kakak kandungnya, Kristi Indratning, serta beberapa teman dan anggota keluarga yang lain. Lalu mereka bertolak ke Blitar sekitar pukul 17.00 WIB.

“Dia terlihat sudah sehat. Bicaranya juga lancar,” ujar Bambang Samekto yang akrab disapa Totok ini.

Dodit yang selalu membawa biola ketika manggung, itu sempat bercerita banyak tentang kondisi tubuhnya sebelum dan sesudah operasi, kepada Totok. Penyebab sakit jantung Dodit adalah karena padatnya aktivitas
manggung. Dalam sehari bisa dua kali naik panggung. Padatnya aktivitas itu, kata Totok, tidak diimbangi dengan pola hidup sehat dan teratur.

“Sebelum manggung kan dia harus menyiapkan materi. Saat membaca materi itu sampai larut malam dan hanya ditemani kopi dan rokok. Dia enggak sadar kalau kopi dan rokok itu bisa bikin jantungnya lemah,” terang Totok yang juga Ketua DPC PDI-P Sragen ini.

Setelah mengetahui sakit jantung, kata Totok, Dodit mengaku hanya mengambil job satu kali dalam sehari. Sedangkan sebelumnya, dalam sehari Dodit bisa dua kali manggung dengan materi yang berbeda.

Sebagai teman, Totok menasihati agar Dodit mulai menerapkan pola hidup sehat. Tidak minum kopi, merokok dan jauhi minum minuman beralkohol. Dalam sehari, setidaknya harus menyisihkan waktu selama 30 menit untuk olahraga serta istirahat yang cukup.

“Kolesterol kadang tidak terkendali kalau makan dan minum tidak teratur,” kata Totok.

Sebelumnya, solo komedian Dodit Mulyanto menjalani operasi pemasangan ring karena sakit jantung koroner di RSUD Moewardi, Solo, Jumat (23/1) lalu. Setelah operasi, sarjana lulusan Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) itu harus istirahat total untuk penyembuhan pascaoperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya