SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington--Presiden AS Barack Obama memutuskan untuk bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama. Keputusan ini secara tegas mengabaikan permintaan pemerintah China untuk menghindari pertemuan itu.

“Presiden mengatakan kepada pemimpin China dalam perjalanannya tahun lalu bahwa dia akan menemui Dalai Lama, dan dia serius melakukan ini,” kata jurubicara gedung putih Bill Burton seperti dilansir AFP, Rabu (3/2).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Rencana Obama untuk bertemu Dalai Lama ditentang China. Penentangan itu terkait tindakan AS yang menjual paket senjata senilai 6.4 juta dollar AS ke Taiwan. Di antara alasan Obama menemui Dalai Lama karena menilai Dalai Lama seorang pemimpin keagamaan yang dihormati.

“Dalai lama adalah pemimpin keagamaan yang dihormati, dan presiden akan menemuinya dalam kapasitas itu,” kata Burton dalam pesawat Air Force One mendampingi Obama dalam perjalanan ke New Hampshire.

Obama  belum memberikan kepastian tanggal kapan pertemuan itu berlangsung. Namun pada bulan ini Dalai Lama dijadwalkan akan memberika ceramah umum di California dan Florida. “Kami akan umumkan tanggalnya dalam waktu dekat,” tutup Burton.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya